Peringati Isra' Mi'raj,Kapolsek Kempo Gandeng Pemdes Dorokobo, Jaga Kerukunan Beragama

Dompu.journalntb.com - Dalam rangka memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, Polsek Kempo gandeng Pemerintah Desa Dorokobo dengan mengundang Al Ustadz Islamuddin, S.Pdi sebagai penceramah bertempat di Kantor Desa Dorokobo Kecamatan Kempo, Dompu, Jum'at (26/3/2021) sekira pukul 20.00 Wita.

Tampak hadir personil Polsek Kempo, Staf Desa Dorokobo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan komponen masyarakat ikut memeriahkan peringatan hari bersejarah nan syakral yang pernah dijalani oleh Baginda Nabi Muhammad, SAW.

Pada pelaksanaannya, peringatan Isra' Mi'raj itu mengangkat tema Mari kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT, Kita memakmurkan masjidnya, kita ramaikan syi'ar nya, kita jaga kerukunan dan kebersamaannya untuk melakukan perbaikan menuju kebaikan yang terbaik". 

Seperti biasa, acara dibuka dengan pembacaan Qalam Ilahi yang bawakan oleh Ustadz Firdaus. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Dorokobo, Muhammad Taufik.

Dalam sambutannya, Taufik menyampaikan rasa bangganya selaku pemerintah desa, karena desanya memiliki 2 (dua) Hafizh Qur'an.

Di samping itu, ia pun mengungkapkan bahwa di Desa doro Kobo sudah mulai beberapa pekerjaan sarana dan infrastruktur seperti, pengairan, mengaspal jalan ekonomi di so Ndanti.

Lalu yang tidak kalah menarik, Taufik juga mengaku tengah membangun kerja sama dengan dr. Adhar terkait pengobatan gratis dan pemecahan masalah stunting di desanya.

Selanjutnya, giliran Kapolsek Kempo, Iptu Zuharis untuk menyampaikan sambutan kedua setelah Kepala Desa Kempo. 

Dalam penyampaiannya, Kapolsek mengawali dengan memperkenalkan diri sebagai Kepala Polsek Kempo yang baru. Oleh karena demikian, ia berharap bisa bersinergi memberi dukungan dan kerja sama dalam rangka cipta kondisi masyarakat yang aman, tertib dan sehat.

"Masyarakat Desa Dorokobo memiliki keragaman agama yakni Islam dan Hindu, dengan adanya keragaman beragama tersebut untuk tetap menjaga kerukunan dalam hidup beragama," sambut Kapolsek.

Kapolsek lantas menghimbau warga apabila ada persoalan menyangkut hukum agar kiranya diselesaikan lewat jalur musyawarah.

"Silakan diselesaikan di Desa lewat aparat Desa yg ada karna di Desa juga ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa," tandasnya.

Kapolsek juga mengajak warga agar bersama-sama mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19, mengikuti vaksinasi dan mendukung program Kampung Sehat Jilid II dari Polda NTB.

Usai sambutan Kepala Desa dan Kapolsek Kempo, dilanjutkan dengan acara inti yakni ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Islamuddin, S.Pdi,.

Isi ceramahnya meliputi, persoalan umum yang tengah dihadapi ummat saat ini, antara lain mengenai wabah. Menurut Islamudin wabah itu adalah obat untuk manusia.

"Allah tidak menurunkan wabah melainkan karena dosa dosa manusia, obatnya adalah kembali bertaqwa kepada Allah, SWT," kata Al Ustadz.

Lanjut Al Ustadz, Nabi Muhammad manusia paling mulia rela menderita demi umat maka mari kita tegakan sunah sunahnya. Jangan meninggalkan sholat dalam kondisi apapun karena itu adalah tiang agama.

Al Ustadz lalu mengingatkan, agar mehindari pertengkaran sesama muslim serta menghindari riba karena itu adalah dosa. 

"Ditakutkan bila kita meninggal sementara anak anak kita tidak mengenal Allah," tutur Al Ustadz

Lebih lanjut, Al Ustadz mengajak semua agar menyayangi keluarga, sanak, saudara serta tetangga. 

"Pahami istri, ajarkan anak untuk belajar Al-Qur'an atau mengantar anak anaknya ke guru ngaji supaya menjadi anak yang ta,at pada Allah dan orang tuanya," ajak Al Ustadz.

Al Ustadz menyinggung terkait fenomena banyaknya pelaku peminum miras atau khamar.

"Sehingga akan timbul masalah lain seperti perzinahan, perkelahian inilah yang menjadi tugas polisi menjadi berat," tungkas Al Ustadz

Di akhir acara, ditutup dengan do'a bersama yang dipimpin oleh Al Ustadz Islamuddin. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian masker oleh Personil Polsek Kempo dibantu oleh Staf Desa Dorokobo. 

*Sumber*
*Paur Subbag Humas Polres Dompu*
*Aiptu Hujaifah*
===============================

0 komentar:

Posting Komentar