Program 100 Hari Kerja Bupati Akan Bentuk Kepengurusan Balai Mediasi Loteng.


PRAYA.Journal NTB.Com.

Balai Media merupakan salah satu cara memberikan akses kepada warga masyarakat dalam penyelesaian sengketa ditingkat bawah melalui mediasi. Demikian dijelaskan Bupati HL Pathul Bahri Sip pada Acara Silaturrahmi dengan ketua PN Praya , kepala kejaksaan negeri Praya, Forkompinda, Sejumlah tuan Guru, Tokoh adat, budaya dan tokoh masyarakat kabupaten Lombok Tengah NTB berlangsung di Ball Roum Lantai 5 kantor Bupati Senen (7/03/2021).

Sekertaris daerah dan Kepala BPMD serta sejumlah instansi terkait, mengelar kegiatan silaturrahmi dan koordinasi terkait menindak lanjuti surat pengurus balai mediasi Kabupaten Lombok Tengah, yang berlangsung di kantor Bupati Lombok Tengah.


Dalam Sambutanya Bupati Pathul mengatakan, kegiatan silaturrahmi dan koordinasi ini dilakukan, bahwa balai mediasi tersebut nantinya digunakan untuk musyawarah, yang hasil musyawarah akan dibuatkan suatu kesepakatan perdamaian." Untuk kepengurusan Balai mediasi di Kabupaten Lombok tengah yang sudah lama diwacanakan dari tahun 2020 tersebut akan direvisi kembali kepengurusannya.' jelasnya.

Bupati juga  menyambut baik dengan adanya balai mediasi yang dibentuk di semua  Kecamatan di Lombok tengah dimana desa/kelurahan sebanyak 149 dengan  2800 lebih kekadusan/Kaling  hal itu nantinya dapat membantu tugas pihak kepolisian khususnya Polisi,Kejaksaan, Pengadilan (PN).

Terlebih kasus ringan seperti permasalahan permasalah keluarga, masalah warisan dapat diselesaikan di balai mediasi.

"Kami sangat menyabut baik adanya Balai Mediasi ini, penyelesaian kasus-kasus ringan dan harapan kami semoga ini dapat disegerakan, untuk memudahkan persoalan-persoalan ditingkat bawah sebelum di bawa ke ranah Hukum atau Pengadilan ,"ucap Bupati HL Pathul Bahri SIP.

Ketua Balai Mediasi (BM) NTB HL Sajim Sastrawan merespon baik Balai Mediasi ini terbentuk di Loteng  karena bisa meyelesaikan permasalahan di tingkat bawah dan tidak serta Merta langsung melambung ketingkat atas kemudian terkait perkara perdata.

"Saya berharap semua permasalahan yang bisa diselesaikan di Balai Mediasi dan tidak langsung keranah hukum. Di Balai Mediasi ini juga nantinya dapat digunakan untuk pelatihan." ujarnya.

Sementara itu pihak dari Kejaksaan Negeri Praya ( Kejari) menyambut baik adanya Balai Mediasi ini.Ia Menyatakan,  sangat membantu kami jika nantinya mampu juga menyelesaikan persoalan hukum ditengah masyarakat dan tidak serta membawa kasus seperti pidana ringan ke APH." ini sering terjadi permasalahan ditengah masyarakat dan nantinya bisa kita arahkan ke Balai Mediasi." Ujarnya.

Adapun hasil dari kegiatan silaturrahmi dan koordinasi yaitu, Menyegerakan untuk membuat Formatur  kepengurusan Balai Mediasi yang akan dirapatkan kembali diruang rapat sekda Loteng agar bisa dibentuk Kepengurusan baik di tingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan.

Sedangkan untuk Dinas tempat koordinasi selanjutnya yaitu dinas BPBD kabupaten Lombok Tengah NTB. "ditingkat Desa/kelurahan dinas ini yang paling paham terkait kepengurusan yang ada di tingkat bawah.' tutup Sekda HL Idham Khalid MPD. (Humas pro Pemda Loteng).Rdi

0 komentar:

Posting Komentar