Program 100 Hari Kerja Bupati-Wakil Bupati Resmikan Program E-Tourism Go Mandalika


Praya,Journal NTB.Com.
Guna meningkatkan Layanan informasi Tentang Parawista dan Progran 100 hari kerja Bupati-Wakil Bupati Lombok Tengah HL Pathul-Nursiah meresmikan peluncuran program E-Tourism Go Mandalika. Peluncuran program atau sistem E-Tourism Go Mandalika berlangsung di lantai 5 Kantor Bupati Lombok Tengah, Senin, (15/3/ 2021).

 HL. Pathul Bahri, SIP Bupati Lombok Tengah  mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno atas perhatian yang diberikan kepada masyarakat dan daerah Lombok Tengah NTB.

Perhatian bapak tentu menjadi tambahan spirit bagi kami dalam memajukan daerah ini, khususnya dalam bidang pariwisata. Sebagaimana kita tahu bahwa ekonomi masih lesu efek dari pandemi global wabah Covid-19," kata Pathul.

Meski begitu, pihaknya optimis Lombok Tengah mampu menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat dalam pengembangan destinasi wisata. Mengingat, Lombok Tengah sendiri telah dianugerahkan Allah SWT  berupa alam yang indah dan mempesona, khususnya Pantainya dengan pasir putihnya yang begitu indah.

"Tinggal kita berupaya melestarikan dan mempromosikan ke seluruh masyarakat dunia," pungkasnya.

Pembangunan KEK Mandalika dan Sirkuit Motto GP terus berlanjut Kata Bupati,  Kedepan, mega proyek tersebut akan memberikan dampak yang sangat signifikan bagi pembangunan pariwisata kabupaten Lombok Tengah.

"Untuk itu, kita harus mampu menopang mega proyek tersebut dengan mengedepankan destinasi-destinasi wisata lainnya sebagai alternatif ketika masyarakat dunia berbondong-bondong datang ke Lombok Tengah," ujar Bupati.

Dalam rangka mempersiapkan semua itu, lanjut HL Pathul Sip salah satu kunci penting yang harus disediakan adalah akses informasi wisata yang mudah bagi seluruh masyarakat. Dengan begitu, para wisatawan yang berkunjung ke Lombok Tengah dapat menentukan tujuan mereka sebelum mendarat di Bandara Internasional Lombok.

"Untuk itulah, hari ini kita sama-sama melaunching satu program yang dapat memenuhi kebutuhan informasi tentang destinasi wisata di Lombok Tengah yakni sebuah sistem yang kita sebut E-tourism Go Mandalika," jelasnya.

Melalui aplikasi tersebut, kata Pathul, tersedia secara online. Pemerintah Kabupaten sendiri, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah menyediakan segudang informasi pariwisata yang dapat diakses setiap saat.

"Melalui www.gomandalika.com hanya dengan sekali klik, masyarakat dunia dapat menjelajahi Lombok Tengah dengan segala keindahannya secara virtual. Yang selanjutnya mereka secara nyata mengunjungi dan menikmati keindahan daerah yang kita cintai ini," Katanya.

Bupati juga berharap pariwisata Lombok Tengah kembali bergeliat sehingga perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku pariwisata kembali normal.

"Insyaallah, pandemi Covid-19 segera berlalu dan kehidupan akan kembali normal. Untuk itu, kita harus siap sejak dini untuk menyambut kehidupan yang lebih baik," tutupnya.

Melalui layanan Zoom Meeting, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan bahwa Go Mandalika akan menjadi platform yang lebih mudah dipahami untuk penyempurnaan adaptasi strategi pengembangan pariwisata.

"Hari ini kita memiliki Go Mandalika.com, dan ini adalah pengalaman dari perjalanan berwisata bagi perilaku wisata yang akan lebih dipahami untuk menyempurnakan adaptasi strategi pengembangan pariwisata di Lombok Tengah dan Mandalika ke depan masa mendatang. Saya ingin online platform ini menjadi sarana untuk mendapatkan informasi pariwisata," jelas Menteri.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi, Mpd mengungkapkan, Go Mandalika adalah sebuah media informasi pariwisata khusus Kabupaten Lombok Tengah yang merupakan ikhtiar dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk mempromosikan dan membangkitkan kembali pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah.

"Di Go Mandalika, selain terdapat informasi destinasi wisata yang ada di Lombok Tengah, juga menyajikan informasi tentang perkembangan persiapan penyelenggaraan event internasional MotoGP Mandalika 2021. Hal ini agar gaung event ini terus terdengar di masyarakat dan calon wisatawan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Go Mandalika juga menjadi media bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menyajikan informasi bisnisnya masing-masing, dan mengambil peluang mendapatkan pasar yang luas, melalui layanan Direktori Bisnis, yang beralamat di https://direktori.gomandalika.com

Go Mandalika menyajikan konten-konten berupa foto, video, dan informasi, yang bersifat open license, sehingga pengunjung dapat mengambil konten-konten tersebut dan menggunakannya untuk berbagai tujuan. Hal ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah kepada masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, menyediakan konten promosi pariwisata daerah.

"Go Mandalika juga menyajikan layanan kontribusi, di mana pengunjung dapat ikut memberikan sumbangsih produksi konten dan informasi, yang dapat diolah menjadi bahan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Lombok Tengah," pungkasnya.

Peluncuran program E-Tourism Go Mandalika diikuti bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno. Dihadiri Bupati Lombok Tengah HL. Pathul Bahri, Plt Sekda, HL. Muh. Idham Halid, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Lalu Faozal, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah H. Lendek Jayadi, praktisi pariwisata nasional Taufan Rahmadi, dan sejumlah insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok Tengah. Acara itu juga dihadiri sejumlah pihak dari jajaran ITDC. (Jntb).rdi

0 komentar:

Posting Komentar