Desa Rarang Batas Lotim NTB Kurang Pasokan Air Bersih, Butuhkan Sumur Bor


Lombok Timur NTB,Journal NTB.Com-
Desa Rarang Batas Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Sangat kekurang pasokan air bersih. Untuk konsumsi rumah tangga. Hal ini tentu butuh perhatian khusus dari Pemerintah daerah dalam membantu tumbuh kembangnya perekonomian dan kesejahteraan Desa Rarang Batas. Melihat usia Desa Rarang Batas masih muda.  Jika kita melihat sekarang ini pada saat musim penghujan, hamparan persawahan menghijau dengan penuh tanaman padi. Dedaunan pada setiap pohon tampak menghijau dan segar. Tapi ironis sekali tatkala musim kemarau tiba sungguh suasana berbalik seratus delapan puluh derajat. Hamparan persawahan penduduk tak terlihat hijau lagi. Tanah kelihatan tandus.

Kepada wartawan kepala Desa Rarang Batas Sami'ah mengatakan, 
Keluhan warga setiap tahun adalah  air bersih, air bersih, air bersih itu saja. Karena masalah kami yang  begitu besar adalah air bersih. Polemik ini terjadi sudah berlangsung bertahun tahun hingga kini. Jelas kades.

Di Desa Rarang Batas ini perlu dua sumur Bor dua saja dengan kedalaman 100 m. Agar  menjadi solusi permasalahan air bersih di masyarakat kami dapat teratasi. Di desa kami ini hanya satu sumur bor itupun sumbangan dari Pamsimas ini  tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih di desa kami dengan Jumlah penduduk yang mencapai 2867 jiwa dengan 
Jumlah KK 927. Ungkap Kades.

Ada tiga persoalan yang menjadi PR serius di desa kami yaitu Air bersih, Rumah Tidak layak huni dan perbaikan  jalan. Ini menjadi persoalan yang belum bisa kami selesaikan.

Kami berharap kepada Pemerintah daerah agar memperhatikan nasib desa kami yang membutuhkan sarana air bersih. Dari persoalan besar kami tentang kurangnya pasokan air bersih perhatian besar terhadap desa kami sangat kami butuhkan, hal ini agar Desa Rarang Tengah menjadi desa yang maju dan mandiri.

Maklum  desa kami usianya masih muda, ibarat bayi masih belajar berjalan. Jadi perlu banyak bimbingan dan perhatian agar menjadi desa yang maju dan mandiri. Ungkap Sami'ah.

Air adalah kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia  tanpa air manusia takkan bisa bertahan hidup. Air bersih dalam masyarakat sangatlah penting sebab air bersih sebagai sarana dalam keberlangsungan hidup manusia. Maka daerah yang kekurangan pasokan air bersih seperti Desa Rarang Batas harus diperhatikan sebab ribuan generasi penerus bangsa  ada disana. 

Disisi lain Kadis DPMD Kabupaten Lombok Timur M. Hairi  saat bertemu wartawan di Lotim mengungkapkan, silahkan desa-desa yang mempunyai permasalahan dengan air bersih mengajukan dengan membuat proposal ke PUPR dan DLHK. Untuk meminta bantuan pembuatan Sumur bor. Atau menggunakan Dana Desa  untuk solusi pembuatan Sumur Bor. Misal satu tahun sekali satu terus tahun berikutnya satu lagi. Hingga terpenuhinya kebutuhan air bersih di desa tersebut. Hal itu boleh dilakukan asalkan dalam penggunaan DD bisa merata untuk program yang lain juga. Jelas Hairi.( SHN).

0 komentar:

Posting Komentar