Desa Rarang Tengah Ingin Bangkitkan Pariwisata Desa Sambut pagelaran MOTO GP.


Lombok Timur NTB,Journal NTB.Com-
Desa Rarang Tengah Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur ingin membangkitkan perekonomian desa lewat pariwisata Embung Penggek.
karena posisi embung yang dinilai sangat setrategis untuk tempat pariwisata. Tempatnya asri di tengah persawahan penduduk. Impian besar ini ingin diwujudkan oleh H. Sahnun selaku Kepala Desa Rarang Tengah bersama warganya.

Saat ditemui wartawan di kantornya Jumat ( 02/04/2021) Sahnun mengatakan,
" Kami memimpikan Pariwisata desa bisa diwujudkan melalui Embung Penggek sebab jika ini bisa terlaksana maka banyak  manfaat dan keuntungan yang diperoleh warga Desa Rarang Tengah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan. Selain itu bisa menghasilkan PADES serta menghidupkan BUMDES dalam pengelolaannya. Pokoknya banyak manfaat yang kita peroleh." Jelas Kades penuh harap.
 
Embung Penggek terletak di Dusun Sekamben Desa Rarang Tengah.  Sementara ini sumber air adalah tadah hujan. Saat musim penghujan seperti sekarang ini airnya melimpah. Untuk mempersiapkan air di musim kemarau harus diberikan sumur bor.Jika ini bisa dilakukan maka kami dapat mengelola tempat ini menjadi obyek wisata yang menarik, serta  menjadikan pariwisata desa sebagai sarana untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Untuk itu kami perlu perhatian serius dari pemerintah dalam mendukung program kami ini. Terangnya.

Potensi desa yang banyak terdapat diwilayah yang dipimpinnya  membuat Sahnun tak patah arang. Bersama Pemdes selalu membuat inovasi yang tiada henti. Seperti pembukaan jalan baru untuk menjadikan sarana infrastruktur desa agar dapat menggerakkan roda perekonomian di desanya.

Luas Desa Rarang Tengah  250 hektar termasuk pemukiman pertanian dan perkebunan.
Pembukaan jalan baru di programkan setiap tahun
Pembangunan sumur untuk air bersih juga di programkan setiap tahun. Teritorial Desa Rarang Tengah adalah  kurangnya debit air, masyarakat mengandalkan sumur galian yang  rata-rata kedalaman sumur warga antara 20 m.

Meski demikian program unggulan  Desa Rarang Tengah ini bermacam macam ada  bidang pertanian antara lain tanaman Padi, Tembakau, Jagung. Meski untuk irigasi tadah hujan tapi andalan petani adalah tanaman  tembakau. Dalam bidang peternakan masyarakat Desa Rarang Tengah ini mayoritas beternak Sapi. Populasi sapi yang ada di desa ini  diangka lebih dari 1000 ekor.

Menjelaskan tentang UMKM H. Sahnun menjelaskan, 
Home Industri di desa kami antara lain,
Pembuatan produksi susu kedelai, renggi, kripik pisang, kerajinan Ketak, keranjang buah dari bambu serta anyaman untuk alat alat dapur dari bambu. Tambahnya.


Impiannya dalam menyongsong pelaksanaan event MOTOGP di KEK Mandalika Kuta Lombok Tengah kepala Desa Rarang Tengah mengatakan, kami ingin mendirikan tempat pariwisata dan tempat penginapan penginapan di sekitar Embung Penggek dalam menyambut ratusan ribu pengunjung yang akan datang di pegelaran besar nanti. Dan harapan kami semua produk UMKM Desa Rarang Tengah bisa masuk diKEK mandalika. Tutup Sahnun. (SHN).

0 komentar:

Posting Komentar