Dirut PDAM Gandeng Kasta NTB Bahas MOU Terkait Alokasi CSR dan UMKM di BKU


Praya NTB,Journal NTB.Com.
Penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan PDAM rupanya masih menyimpan misteri. Bahkan, dinilai ada ketidaktransparanan dalam alokasi dan realisasinya.

Begitu disampaikan Ketua LSM Kasta NTB Lalu Munawir Haris Alias Wink Haris saat Hering Di Kantor PDAM Kabupaten Lombok Tengah (01/04/2021).

"Kita mempertanyakan keterbukaan atau tranparansi penerimaan CSR masing masing Desa yang ada dikecamatan Batukliang Utara." Tegas Munawir Haris.

Karena lanjut dia, selama ini beberapa desa di kecamatan BKU masih banyak Siswa berprestasi Tapi miskin  yang belum bisa merasakan Bantuan  CSR itu, terutama masalah  keterbukan Pihak PDAM dan Desa bahkan Kecamatan terkait ketransparan soal Daftar Nama yang Mendapatkan Bantuan  tersebut." Kita ingin LSM Kasta NTB yang akan mendata ulang terhadap penyaluran Dana CSR tersebut sehingga yang kita harapkan agar PDAM lebih Transparan, mengenai MOU nanti kita bicarakan selanjutnya. " timpal Wink Haris.
 
Penyaluran Dana CSR ke Pihak masing masing desa di BKU mulai dari Tahun 2018 dari pihak PDAM Pemkab Loteng  sudah  transparan namun Pihak LSM masih mempertanyakan Penyaluran ke  Kecamatan sebab Ada jutaan  jumlah dana   diterima dari dana CSR bahkan melebihi penerimaan dana ke Desa." Kita harapkan PDAM lebih Transparan Sehingga warga tahu, media tahu  kemana sumbangan tersebut direalisasikan dengan tepat sasaran." tambah dia.

Sementara Pikri Anggota Kasta NTB dari Desa Janapria meminta kepada jajaran PDAM agar lebih Disiplin dalam mengelola PDAM Dimana hasil temuan di lapangan dan keluhan masyarakat masih buruknya pelayanan PDAM." Saya minta bila ada karyawan yang melakukan pungli dan malas melayani masyarakat agar dipecat Saja, saya juga minta agar data penerimaan CSR dari tahun 2018-2020 bisa Kita dikasih." Tegas Pikri. 

Dirut  Bidang Umum yg juga PLT PDAM H Nursahim SH menyampaikan bahwa Anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah juga pernah Mempertanyakan terkait CSR di BKU." Kita sudah dipanggil oleh DPRD Loteng dan kita sudah laporkan itu semua." Kata  H Nursahim SH. 

Dia juga setuju Atas  Permintaan atau usulan  LSM Kasta NTB agar ikut mengontrol penyaluran Dana CSR dan bantuan kepada UMKM di Masing masing Desa di BKU." Silahkan saja data ulang kami siap dari PDAM untuk melakukan Verivikasi ulang terkait penerimaannya. Berapa Nilainya dan yang terkumpul nanti kita Rumuskan bersama sama MOUnya." Demikian Nursahim. (Jntb.RDI)

0 komentar:

Posting Komentar