Kapolda NTB Serahkan Buku Keputusan, Tentang Penegakan Hukum Yang Transparan Dan Berkeadilan


Mataram,Journal NTB.Com-
Sebagai pimpinan tertinggi di Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, Kapolda NTB menyerahkan buku Keputusan Kapolda NTB tentang Restorative Justice Untuk NTB dalam penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan , bertempat di Ballroom Hotel Aston Inn, Mataram. Kamis (29/04/2021) 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi NTB, Wakapolda NTB, Irwasda Polda NTB, Aspidum Kejati NTB, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kumham NTB, Ketua Peradi NTB, Ketua Balai Mediasi Prov. NTB, Para Narasumber, Kapolres/ta Jajaran Polda NTB Sepulau Lombok, Kasat Reskrim Jajaran Polda NTB, Kasat Narkoba Jajaran Polda NTB, Perwakilan Kasat Lantas Jajaran Polda NTB & Para Kapolsek yang ditunjuk.

Dalam sambutannya Kapolda NTB antara lain mengatakan bahwa Kepolisian dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat( Harkamtibmas ) Yang dibutuhkan ialah perlindungan, pengyoman dan pelayanan kepada masyarakat, apapun resikonya. Dalam hal ini Fungsi yang dikedepankan ialah fungsi preemtif dan preventif. Senjata utama bukan penegakan hukum melainkan komunikasi yang dilakukan sebagai jembatan dalam fungsi harkamtibmas. 

Restorative justice sangat erat hubungannya dengan simbol perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat. Sebab penegakan hukum bukan hal utama sebagai ultimum remidium dalam tugas kepolisian tetapi yang patut ditonjolkan dalam tugas kepolisian ialah perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Ucapnya

Dengan tagline Presisi yang diusung oleh Kapolri memiliki tujuan agar Konstalasi Polri dicintai dan dipercaya oleh masyarakat. Ini menunjukkan bahwa  yang harus dicapai ialah bagaimana polisi dicintai masyarakat lewat program presisi. Tutupnya

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda NTB menyerahkan buku Keputusan Kapolda NTB kepada Direktur Resnarkoba,Direktur Polairud dan Kapolresta Mataram.
 

Kapolda NTB juga secara simbolis membuka Diskusi dalam pengayaan pedoman restorative justice di Polda NTB sekaligus menyerahkan cinderamata kepada narasumber yang akan mengisi pada diskusi pedoman restorative justice.(Shn)


0 komentar:

Posting Komentar