Re: Desa Darmasari Ingin Buktikan menjadi Desa Mandiri.


Pada tanggal Sel, 6 Apr 2021 10:03, Sahnun kalam <sahnunkalam4@gmail.com> menulis:

Lombok Timur NTB, Journal NTB.Com-
Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lombok Timur sudah berjalan. Tim penilai datang di Desa Darmasari Kecamatan Sikur pada Senin ( 5/04/2021). Tema dari acara kali ini adalah  "Desa Tetap Produkrif dalam Masa Pandemi Covid 19." Menyambut tim penilai Desa Darmasari telah mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan dalam lomba, mulai dari kelengkapan administrasi, sarana dan prasarana hingga kebersihan lingkungan. Mengingat lomba desa adalah ajang untuk membuat kebiasaan baru yang selalu di terapkan dalam pemerintahan desa. Di event inilah edukasi masyarakat terhadap pelaksanaan pencegahan dan kedisiplinan dalam melaksanakan Prokes dan 5M di masyarakat bisa terwujud.


Sekda Lotim Drs. H. Muhamad Juaini Tofik. MAP. Dalam wawancaranya dengan wartawan di Desa Darmasari mengatakan, Lomba desa ini adalah terintergrasi dengan Kampung Sehat dalam pencegahan Covid 19.  Sekaligus untuk memastikan pelaksanaan
I Mendagri Nomer 3 Tahun 2021 tentang PPKM. Basic  utama pencegahan adalah tingkat desa atau dusun.
Sebab harapan kami desa-desa diseluruh kabupaten Lombok Timur ini adalah garda terdepan dalam melakukan perang melawan wabah Virus Covid 19. Bisa dibayangkan  jika tingkat Kadus dan Desa sudah melakukan Preventif dalam melaksanakan Protokol Kesehatan dan melakukan 5 M. Maka ditingkat atas akan lebih baik. 
Desa- desa yang ikut lomba desa sebagai role model untuk dicontoh  bagi desa-desa yang lain yang tidak ikut lomba desa. Terang Sekda.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas DPMD M. Hairi.  Spd yang datang beserta Tim menjelaskan, 
Dalam terselanggaranya lomba Desa ini diharapkan tetap memaruhi protokol kesehatan. Dan kami melihat dalam acara kali ini sudah terlaksana. 
Indikator - indokator penilaian kami adalah sama dengan penilaian lomba Kampung Sehat. Mulai dari sarana kesehatan pencegahan Covid, Kebersihan lingkungan, dan pelaksanaan 5 M. Pesan kami yang penting adalah bukan lombanya, tapi pelaksanaan pencegahan dari wabah Virus Corona ini yang paling utama. Ungkapnya.

Kepala Desa Darmasari Muksin, S. Pdi. Dalam sambutannya mengatakan, bahwa Darmasari adalah desa yang aman tentram dan nyaman. Berkat kerjasama di semua lini termasuk tiga pilar yang berperan aktif antara Pemdes, Bhabinsa dan Bhabinkamtipmas. Yang didukung pula dengan peran tokoh  masyarakat Desa Darmasari untuk membantu mewujudkan situasi yang kondusif. Saya berharap tim penilai memberikan nilai yang baik agar menjadi semangat bagi kami untuk  menjadi desa yang maju. Terang Kades.

Dalam acara kali ini dihadiri oleh, Sekda Lombok Timur, Kadis DPMD bersama Tim, Camat Sikur, Danramil Sikur serta Kapolsek Sikur.  Acara berlangsung kondusif.(SHN)

0 komentar:

Posting Komentar