Operasi Ketupat Rinjani 2021 Selama 12 Hari, Prioritaskan Langkah Preemtif Dan Preventif Secara Humanis


Mataram,Journal NTB.Com-Operasi Kepolisian terpusat dengan Sandi Operasi Ketupat Rinjani 2021  berlangsung selama 12 hari terhitung mulai tanggal 5 Mei  sampai dengan 17 Mei 2021 mendatang. Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2021 dilaksankan secara serentak di seluruh Indonesia. 

Dipimpin Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi,SIK, Dandim 1606 Lombok Barat Kol. Arm. Gunawan. S.Sos, MT, Assisten 1 Setda Kota Mataram Lalu Martawang, Apel digelar di Lapangan Sangkareang di jalan Pejanggik Kelurahan Mataram Barat Kota Mataram. Rabu (5 Mei 2021), yang ditandai dengan pemeriksaan pasukan serta penyamatan tanda Pita Operasi kepada perwakilan personil dari  TNI-POLRI dan DISHUB dengan pita tanda Operasi yang sudah terpasang.

Dilaksanakannya Apel Gelar ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Rinjani 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek Personel maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. 

Amanat Kapolri di bacakan dalam kesempatan tersebut. Yang menjadi penekanan pada Operasi Ketupat tahun ini yaitu upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap Protokol Kesehatan. Prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Laksanakan penegakan Hukum sebagai upaya terakhir "Ultimun Remedium" secara tegas dan profesional terhadap pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatif kesehatan secara luas dan menciptakan klaster baru Covid-19. Hal ini dimaksudkan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari Covid-19.

Heri menekankan " Pengamanan Operasi Ketupat Rinjani dilaksanakan setiap Tahun, kegiatan ini jangan dianggap sebagai kegiatan tahunan biasa, sehingga membuat kita cendrung  under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi saat ini dimasa pandemi Covid-19," ungkapnya.

Apel Gelar Pasukan melibatkan  perkuatan PJU Polresta Mataram, Personil Polresta Mataram, TNI, Dishub Kota Mataram, Pol PP Kota Mataram dan instansi terkait lainnya. secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.(sh)

0 komentar:

Posting Komentar