Panen Raya HMS Ajak Mahasiswa UNSA Menjadi Petani Modern

Sumbawa Besar.journalntb.com-
Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN Dapil 1 NTB (Pulau Sumbawa) H.Muhammad Syafrudin,ST.MM yang akrab disapa HMS melakukan panen raya demplot padi yang yang dikelola oleh Fakultas Pertanian Universitas Samawa (UNSA), bertempat di desa berora Kecamatan lopok Kabupaten Sumbawa.Pada minggu (01/5/21).

Dalam Siaran pers H.M Syafrudin,ST.MM berharap agar upaya seperti ini menjadi suatu contoh yang bagus bagi kita dimana mahasiswa tidak hanya belajar dikampus tetapi juga bisa langsung mengaplikasikan apa yang didapatkannya di bangku kuliah langsung praktek kelapangan.

"Bagi saya ini adalah sesuatu yang membanggakan meski dengan lahan 2 hektare tetapi mahasiswa mampu menunjukkan kerja nyatanya yaitu, belajar, mencoba dan langsung menunjukkan hasil "Kata HMS menjabat DPR RI tiga periode tersebut.

Dirinya HMS merasa bahagia disamping bertemu dengan mahasiswa juga bisa bertatap muka dengan petani dan bisa mendengarkan keluhan dan harapannya guna meningkatkan hasil pertaniannya, "saya melihat memang masih banyak hal yang harus diperhatikan, misalnya jika panen petani tidak disusahkan dengan upaya menjual hasil panennya kemudian akses jalan menuju lahan pertaniannya juga menjadi catatan bagi dirinya" demikian HMS menutup komunikasinya dengan awak media

Kegiatan ini selaras dengan moto dari pertanian yaitu Petani Maju, Mandiri dan Moderen - moderen dalam pengertian bahwa petani tidak lagi melakukan cara-cara tradisional walaupun masih,tetapi kita semua berharap langkah selanjutnya petani benar-benar moderen.

Rektor Universitas Samawa (UNSA) DR.Syafrudin,SE.MM menambah,panen raya adalah output dari proses belajar dan bekerja dari tim mahasiswa dengan dosen. Mereka belajar yang dicanangkan oleh menteri dikbudristek pendekatanya identik dengan kegiatan seperti ini. Calon sarjana pertanian digodok dilahan sawah tanaman padi dari olah tanah, semai,tanam,pupuk, inovasi pupuk, hama sampai tingkat produktivitas. 

"Problem tumbuh kembang menjadi soal dan solusi menjadi perhatian dan pekerjaan setiap hari sampai panen. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang mumpuni sebagai modal menjadi kompetiter didunia kerja dan didunia usaha setelah mereka lulus."jelasnya 

Kehadiran HMS memang sangat urgen sebagai pejabat negara yang lahir dari dapil pulau sumbawa untuk motivasi dan sebuah kesaksian tentang ada hasil optimal dari praktek usaha tani fakultas pertanian UNSA yang membanggakan. Sebagai anggota komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian sangat dibutuhkan untuk memotivasi para dosen dan mahasiswa dan tak kalah penting ada temu tanya jawab dengan dinas terkait, kades dan para petani uma kubir orong gola berora.

Sekdis pertanian Sumbawa Ir Niwayan Rismawati,M.Si menyampikan bahwa permasalahan-permasalahan ditemukan tentang jalan usaha tani, air irigasi tidak memadai di musim tanam kedua, lumbung pangan yang belum ada dan sebagainya.

"HMS meresponnya bahwa akan menindaklanjuti dengan program pemerintah pusat. Seperti memperjuangkan mesin pompa air, alat mesin panen, perbaikan waduk mamak dan cekdam pungkit dan lain lain yang relevan. Prinsip beliau usaha tani perlu dijamin eksistensi dan dioptimalkan yang mendominasi kehidupan rakyat indonesia terutama rakyat yg hidup didesa" kata Niwayan

Sambungnya,program denplot fakultas pertanian UNSA diharapkan menjadi testimoni bagi petani sekitar untuk meningkatkan produktivitas usaha tani sehingga bisa menjadi usaha yang bisa menjamin hidup yang lebih sejahtera,HMS sangat respon dan reaktiv terhadap kebutuhan dasar rakyat kecil seperti petani. "Performa beliau sangat meyakinkan untuk menjawab dan menelorkan program yang pro rakyat. Saya salut dan berterimakasih atas kiprah dan gebrakan beliau, Sukses untuk HMS."nya (Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar