Bale Mediasi dikukuhkan dan Louncing Program Unggulan 100 Hari Kerja Bupati Terpilih



Bupati Kabupaten Lombok Tengah HL Pathul.Bahri SIP meresmikan sekaligus mengukuhkan 26 pengurus Bale Mediasi.

Pengukuhan Kepengurusan Bale Mediasi Kabupaten Lombok Tengah Periode 202I-2026 tersebut berlangsung di Ball Roum Lantai 5 Kantor  Bupati Lombok Senen (14/6/2021). 

Acara itu dihadiri Oleh Kapolres Loteng , Dandim 1602 Loteng, Kepala PN Praya, Kepala Kejari Praya, Kaban Kisbangpoldagri dan jajarannya serta seluruh OPD serta para Tokoh adat, tokoh agama,.Tokoh  Budaya Lombok Tengah. Selain pengukuhan Bupati-Wabup juga Louncing Program Capaian 100 hari kerja paket Maiq Meres. Antara lain pemberian Kartu Sehat Maiq Meres kepada sejumlah Tuan guru dan Masyarakat Kabupaten Lombok Tebgah 
Dalam.Sambutannya HL Suhardi BE  Ketua Bale Mediasi.(BM) Kabupaten Lonbok Tengah dihadapan Bupati Menegaskan, manfaat yang cukup besar bagi masyarakat Loteng Karena keberadaan Bale Mediasi ini, sebab dapat mempertemukan kedua belah pihak yang bersilang pendapat. Terutama terkait masalah sengketa lahan antar masyarakat, juga Konflik antar masyarakat.
sesungguhnya mediasi merupakan peninggalan nenek moyang. Sehingga berbagai permasalahan yang terjadi hendaknya diselesaikan melalui mediasi. Alhamdulillah pada hari ini kita menyaksikan Bale Mediasi dikukuhkan  sebagai wadah penyelesaian masalah yang nantinya hasilnya bisa dirasakan  manfaatnya oleh masyarakat Lombok Tengah." Jelas HL Suhardi. 

Lanjutnya, Mediasi sendiri ada tingkatan yaitu Ada Internal keluarga, konflik keluarga kemudian diserahkan kepada orang tua Kemudian, ada mediasi sengketa lahan yang mana satu mediator paling berwibawa diutus untuk menyelesaikan masalah. Selanjutnya, ada konflik yang lebih luas melibatkan komunitas, dalam hal ini dibutuhkan mediator yang ada dikedua belah pihak. Baik tokoh agama, adat, masyarakat untuk menyelesaikan. mohon dukungan semua pihak agar dalam melakukan audiensi bisa berjalan lancar." Kami minta dukungan semua pihak agar bale mediasi (BM) bisa berjalan dengan baik." pungkas HL Suhardi BE. 

Sementara, Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S.IP, dalam sambutannya Berharap kepada Balai mediasi dapat bejalan dengan baik" sebagai manusia saya pribadi butuh bimbingan dan apabila kami sebagai khadam ada kesalahan maka tegurlah kami." Pesan Bupati. Selain itu  bupati menyatakan,  program 100 hari kerja paket maiq merres merupakan sebuah tradisi politik sejak era reformasi bergulir. Meskipun bukanlah suatu kewajiban, sebab perjalanan suatu pemerintahan tidak bisa diukur hanya dalam rentang waktu 100 hari atau tiga bulan saja. Akan tetapi program 100 hari kerja menjadi sebuah tanggung jawab moral bagi bagi pemerintahan baru untuk memulai komitmen atas setiap janji janji politik dimasa kampanye." Masyarakat selalu antusias untuk melihat capaian program 100 hari dari sebuah pemerintahan yang baru terpilih. Di sisi lain melalui program ini kami harap dapat menjadi parameter awal untuk melihat ritme kerja birokasi pemerintahan di bawah kepemimpinan yang baru," jelas Pathul.

 Melalui capaian program 100 hari ini, dapat melihat pimpinan OPD dalam mengorganisir satuannya untuk mencapai setiap program yang ditargetkan. "Dari sana kami bisa memiliki tambahan referensi ketika pada saatnya nanti dilakukan proses mutasi dan pengisian sejumlah jabatan yang saat ini masih kosong,"ujarnya.

Sejak dilantik pada hari Jumat, 26 Februari 2021, Bupati-Wakil terpilih  secara sigap menyusun program kerja 100 hari pertama yang dituangkan melalui instruksi Bupati yang kami sebut sebagai surat perintah 1 Maret.
Bupati pun meyakini kepengurusan Bale Mediasi Lombok Tengah  ini diisi oleh orang-orang yang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Sehingga dapat membantu mempermudah tugas pemerintah,  aparat hukum dalam bekerja."Untuk menyelesaikan permasalahan tanpa proses hukum di pengadilan. Penyelesaian masalah tanpa proses hukum merupakan bagian dari kearifan lokal adat budaya masyarakat Sasak yang terpelihara sampai saat ini. Kita punya lembaga adat yang masih dimanfaaatkan sebagai jalan penyelesaian konflik," sambung Bupati.(jntb.Rdi)

0 komentar:

Posting Komentar