Dekesda Sidoarjo Gelar Liter'Art Fest


Sidoarjo –Journal NTB.Com -  Dalam rangka meningkatkan minat  baca masyarakat Sidoarjo,   Dewan Kesenian Daerah (Dekesda) Kabupaten Sidoarjo mengadakan pameran buku dan obral buku murah bertajuk "LiterArt Fest" yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 Juni 2021 di Dekesda Art Center. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Ec. Asrofi, MM. MH, pada Jumat malam (18/06) dihadiri oleh sekitar lima puluh orang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Drs. Ec. Asrofi, MM. MH. berharap melalui kegiatan yang sederhana ini semoga  mampu semakin menyemarakkan  budaya literasi di masyarakat, selain di sekolah. Literasi budaya juga harus ditingkatkan dengan cara menggali potensi budaya di Sidoarjo kemudian dirangkum dalam sebuah buku yang rencananya akan diterbitkan.
"Kami juga mengadakan kerjasama dengan dengan ITS dan Kominfo terkait peluncuran sistem informasi sicerdas untuk memantau budaya literasi pada pelajar, masyarakat, dan media untuk kemudian pada kesempatan tertentu akan diberikan penghargaan," kata beliau.

"Even ini juga diharapkan membantu perekonomian berbagai pihak yang bekerja di bidang penerbitan karena terjadi pembelian buku dari masyarakat. Tugas Dekesda bukan hanya menyuguhkan seni budaya tetapi juga menumbuhkan ekonomi kreatif," ungkap Ali Afandi, Ketua Dekesa Sidoarjo.

Menurut Ketua Ikatan Penerbit Sidoarjo, Dr. H. Fatkul Anam, M. Si., sebenarnya kegiatan ini sudah digagas sejak lama namun terkendala pandemi sehingga baru bisa terlaksana hari ini. "Ini merupakan awal yang bagus. Kami berharap gerakan literasi di Sidoarjo semakin bagus," tegas beliau.(msa)

0 komentar:

Posting Komentar