Desa Tanjung Luar pintu Masuk Gerbang Desa Wisata Lombok Timur.


Lombok Timur -- Journal NTB,
Geografis Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur sangat strategis sebagai pintu masuk wisata kebeberapa tempat wisata di Lombok Timur, diantaranya ke tempat Wisata Pantai Ping dan Wisata Lidah Pasir di Desa Maringkik yang posisinya ditengah laut.

Desa Tanjung Luar adalah termasuk salah satu desa penghasil ikan tangkapan nelayan terbesar di NTB. Dan di desa ini tempat Pelelangan Ikan ( TPI)  terbesar juga di NTB serta adanya  Pasar Pelelangan Ikan yang ikut memberikan sumbangsih dan peranan penting bagi perekonomian masyarakat Tanjung Luar. 

Kepala Desa Tanjung Luar Mukti Ali saat ditemui awak media di kantornya Senin  (14/06) mengatakan, " Masyarakat kami butuh sentuhan dari pemerintah untuk pembangunan desa. Salah satu sentuhan yang kami butuhkan adalah perhatian khusus terhadap kami dari pemerintah daerah  Kabupaten Lombok Timur serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam mewujudkan desa wisata yang kami impikan." Terang Kades penuh harap.

Desa Tanjung Luar adalah desa Maritim yang kaya akan  hasil laut, tangkapan nelayan berlimpah setiap saat. Desa inipun pensuplay ikan diterbesar dipasar-pasar ikan di pulau lombok. Geliat  UMKM nya mulai tumbuh ditengah masyarakat Desa Tanjung Luar sudah muali bermunculan.  Seperti olahan makanan Kerupuk Ikan Hiu, Kerupuk Tuna, Krupuk Cumi dan banyak lagi. 

Potensi Desa Tanjung Luar sangat luar biasa, ini banyak yang perlu kita angkat dimuka publik. Kami terus terang kekurangan SDM yang berkualitas untuk memajukan desa. Tapi kami tak patah arang, kita akan kembangkan BUMDES Desa Tanjung Luar agar BUMDES menjadi organisasi desa yang dapat memberikan manfaat bagi kemaslakataan masyarakat Desa Tanjung Luar. Lanjut Kades Mukti Ali.


Disisi yang sama
Sekertaris Desa Tanjung Luar Yahya mengungkapkan, tentang program unggulan desa  di era kepemimpinan Kepala Desa Mukti Ali saat ini yang sudah berhasil di capai. Yahya mengisahkan, kekurangan air bersih adalah konflik warga Desa Tanjung Luar bertahun-tahun yang tidak pernah terselesaikan. Masyarakat Tanjung Luar harus mengambil air bersih ke desa lain. Tapi kini upaya memecahkan masalah itu telah berakhir. Dengan adanya Sumur bor sedalam 150 m Bantuan dari salah satu perusahaan swasta menjadi solusi. 1500 dari 2500 Kepala Keluarga telah menerima manfaat dari sumur bor ini. Kini ribuan kran-kran air bersih sudah terpasang dan terlihat di depan rumah-rumah warga kami. Terang Yahya dengan bangga.( SHN).

0 komentar:

Posting Komentar