HMS Bersama Kepala Balai PKKP Banyuwangi Lakukan Bimtek Cara Pembuatan dan Pengemasan Terasi

Sumbawa.journalntb.com-
Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PAN Dapil NTB 1( Se- Pulau Sumbawa) H.Muhammad Syafrudin ,ST,MM yang akrab disapa HMS hari ini melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan pembuatan dan pengemasan terasi yang dipusatkan di Desa Labuhan Bontong Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa.Pada selasa (15/6/21).

"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh masyarakat yang tergabung dalam kelompok kerajinan Se Kabupaten Sumbawa dengan harapan agar bisa mandiri dan menjadi pengusaha sukses serta memiliki inovasi untuk menjadi usaha Home Industri yang maju bahkan bisa menjadi sentra terasi indonesia" Harapan HMS 

H.M Syafrudin mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh pusat pelatihan departemen kelautan dan kehutanan republik indonesia.Yang berpusat di banyuwangi, saya berharap kegiatan ini bisa menjadi acuan buat pengembangan usaha perumahan atau Home Industri.

"Acara diklat ini dilangsungkan 2 hari yaitu mulai tanggal 15 juni hingga 16 juni 2021 dengan komposisi peserta pemula, dan yang sudah memiliki usaha supaya terjadi simulasi dan tukar menukar pengalaman"Tutur HMS

Sambungnya,pada acara ini juga diserahkan pinjaman modal usaha bagi nelayan dengan total sebesar 570 juta serta penyerahan bantuan alat usaha untuk para pembuat terasi.Selama kegitan berlangsung peserta Diklat tetap mematuhi Prokes Covid-19.

Achmad Subijakto, Kepala Balai Pelatihan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang  berpusat di Banyuwangi mengatakan, bahwa Kecamatan Tarano kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya perikanan dan sumberdaya manusia yang besar dalam mengelola dan memproduksi sumber hasil laut.Kegiatan perikanan olahan digerakkan sebagian besar oleh ibu-ibu rumah tangga nelayan dengan dominasi memproduksi terasi. 

"Produk ini merupakan unggulan dan dapat dikembangkan untuk memacu dan mendorong ekonomi mikro karena dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Melihat potensi tersebut, maka perlu dilakukan pelatihan pembuatan terasi dan pengemasannya agar produk terasi di Tarano, khususnya desa Labuan Bontong dapat menjadi primadona ungggulan wilayah."jelasnya

Ia menambahkan,keunggulan ini dapat dikembangkan lagi melalui pembangunan tematik berdasarkan potensi yang ada. Untuk itulah sangat sesuai jika Anggota Komisi IV DPR RI H. M. Syafrudin bersama Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan, DR. Lily Aprilia Pregiwati, MSi mendeklarasi pengembangan desa Labuan Bontong menjadi Kampung terasi.

"Status kampung terasi ini ke depannya akan menjadi fokus dalam pembangunan masyarakat pesisir dalam upaya mengembangkan kualitas SDM dan pemanfaatan sumberdaya alam secara bijak dan berkelanjutan"Tuturnya (Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar