Wabup Sebut Desa Tambak Sari Icon STBM di Kecamatan Poto Tano

Sumbawa Barat.journalntb.com-Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST menyebutkan bahwa Desa Tambak Sari harusnya menjadi icon dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Poto Tano. 

Hal itu dikatakan oleh Fud Syaifuddin karena Desa Tambak Sari ini langsung berhadapan dengan Puskesmas Poto Tano. Kehadiran Puskesmas di Desa Tambak Sari akan mendorong warga desa untuk hidup sehat dan bersih.

"Desa Tambak Sari ini unik, ada Puskesmas di depannya, akan aneh jika desa ini kotor sementara orang-orang kesehatan seharusnya bisa bersinergi dengan desa untuk menjadikan Desa Tambak Sari ini tuntas 100 persen," kata Fud Syaifuddin yang akrab disapa Bang Fud, saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi STBM di lapangan Desa Senayan, Kamis (24/6).

Bang Fud meminta kepada Kepala Puskesmas Poto Tano bersama staf untuk terus bergerak bersinergi dengan pihak desa agar pilar 4 yaitu pengelolaan sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga dapat dicapai 100 persen.

"Saya meminta Kepala puskesmas agar turun bergotong royong bersama desa agar Desa Tambak Sari ini dapat mencapai 100 persen tuntas STBM," katanya.

Bang Fud yakin, dengan bantuan Puskesmas berkolaborasi ddengan warga, pihak desa, ASN PTT, kepala lingkungan dan semua elemen masyarakat dapat mensukseskan STBM tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Verifikasi Kaabupaten Sumbawa Barat, Benny Tanaya , mengatakan bahwa setelah dilakukan verifikasi di Desa Tambak Sari masih ada beberapa sampah yang terlihat di sejumlah selokan yang tersumbat.

"Rata-rata masih sekitar 134 rumah di sejumlah desa termasuk Desa Tambak Sari yang belum tertangani dengan baik," kata Benny.

Benny berharap, penuntasan STBM ini dapat segera dicapai 100 persen sebelum deklarasi STBM tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Ia juga meminta agar masyarakat terus diedukasi agar dapat bersama-sama mendukung pencapaian tuntas STBM dan menjaga pencapaian yang saat ini telah dicapai.

Terpisah, Kepala Desa Tambak Sari, Suhardi mengatakan bahwa akan terus berusaha mengejar penuntasan STBM pilar 4 dan 5. Ia juga meminta dukungan kepada agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), ASN PTT, Ketua RT, kepala lingkungan agar bersama-sama bekerja demi suksesnya program tersebut.

Setelah dilakukan pengecekan oleh tim verifikasi dari Kabupaten Sumbawa Barat, Alhamdulillah pilar 5 suda mencapai sekitar sekitar 90 persen. Begitu juga pilar 4 dengan progress yang baik karena Desa Tambak Sari memiliki tempat pembuangan sampah walaupun belum representatif.

"Kita akan usahakan terus menerus penuntasan ini. Kontribusi semua pihak sangat kami butuhkan untuk bersama-sama mendukung suksesnya pilar 4 dan pilar 5," katanya.(Red).

0 komentar:

Posting Komentar