Bangun Sinergi, Dandim 1620/Loteng Silaturahmi dengan APKLI dan LSM


Lombok Tengah - Journal.NTB.Com-

 Dalam rangka membangun Sinergitas antara TNI dengan Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM) serta Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI)., Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan,. S. IP., bersilaturahmi dengan Ketua APKLI dan LSM Kab. Lombok Tengah.

Melalui Kegiatan tersebut, Dandim berharap, hubungan antara Kodim 1620/Loteng dengan APKLI juga LSM tetap terjaga dan terjalin.

"Kodim kedepannya akan tetap bersinergi dengan APKLI, LSM serta instansi dan Ormas lainnya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Lombok Tengah,"  terang Dandim.

Sementara Ketua Umum APKLI Kab. Lombok Tengah, Baiq Sri Arya Ningsih, saat komunikasi berlangsung mengatakan,
Lombok Tengah masih memilki pondasi perekonomian kerakyatan, contohnya pedagang kaki lima. 

"Di saat ekonomi global melemah, banyak pengusaha yang "kelimpungan" , tetapi pedagang kaki lima sebagai salah satu penggerak ekonomi kerakyatan tetap stabil dan membantu menjaga stabilitas ekonomi," ungkapnya.

Dia menegaskan APKLI berkomitmen membangun perekonomian, khususnya di wilayah Kab. Lombok tengah melalui ekonomi kerakyatan dan Ia juga menegaskan untuk menolak semua isu yang bisa memecah belah bangsa.

"APKLI menolak isu global yang terkait SARA yang dapat memecah belah antar satusama lain, khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini," tegasnya. 

Hal senada disampaikan Ketua Lidik LSM NTB, Sahabudin., seluruh Kadernya tetap akan mengawal Program-program Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dengan selalu menjaga dan meningkatkan Sinergitas bersama TNI agar lebih maju kedepannya.

"LSM Lidik adalah Organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 2013, bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan penyampaian informasi publik. LSM "SOLIDARITAS SUARA RAKYAT" berdiri atas dasar visi dan misi yang mapan serta loyalitasnya terhadap negara tidak diragukan lagi," kata Pria yang akrab di panggil Ciuteng itu. 

"Terbentuknya masyarakat yang mandiri, terbuka, berkesadaran hukum dan sadar lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mengedepankan watak dan moral yang beradab, memiliki etos kerja dan semangat kekaryaan, serta disiplin yang tinggi berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila, menjadi tujuan utama LSM," ungkap Ciuteng.

Selain itu, LSM juga bertujuan sebagai alat kontrol sosial dan penyeimbang pemerintahan dalam menentukan arah kebijakan publik, ucap Ciuteng
saat melakukan komunikasi bersama Dandim dan Ketua APKLI yang berlangsung di Desa Aikbukaq, Kec. Batukliang Kab. Lombok Tengah, pada Rabo (07/07/2021).

Selanjutnya Dandim menjelaskan di era perang modern ini harus disadari oleh semua orang, sehingga harus saling bersinergi dalam menghadapinya.

Dandim juga megajak Apkli dan LSM untuk mendukung Program-program pemerintah dan mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Mari kita bersama-sama mendukung program pemerintah di masa pandemi ini, yaitu PPKM, Disiplin Prokes, serta mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Vaksinasi ini," ujarnya.

Diketahui, ajang kegiatan ini merupakan kolaborasi TNI dengan Apkli dan LSM, guna menumbuhkan dan merawat loyalitas para Ormas, Tokoh-tokoh Agama, masyarakat dan instansi lainnya untuk bersama-sama menjaga dan melindungi negeri.

"Esensi bela negara adalah perilaku sehari-hari dengan berbuat kebaikan antar sesama, hindari berita Hoax," pungkas Dandim.(Skm)

0 komentar:

Posting Komentar