Dandim 1607/Sumbawa Bersama Forkopimda dan Komunitas Masyarakat Pecinta Lingkungan Deklarasi Menjaga Kelestarian Alam dan Air

Sumbawa Besar.journalntb.com-
Kodim 1607/Sumbawa bersama Forkopimda Kabupaten Sumbawa serta Para pemuda Pecinta Air dan Alam Kabupaten Sumbawa melakukan Deklarasi menjaga kelestarian alam dan air serta penanaman bibit mangrove di lokasi pesisir pantai Labu Sawo yang berada di Dusun Umo Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Rabu (07/06/2021).

Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Kodam IX/Udayana yang disebut dengan "Gerakan Jaga Alam dan Air" (GEJALA).

Penanaman bibit mangrove dipimpin langsung oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M. Tr (Han) serta diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Kabupaten Sumbawa, Kasdim 1607/Sumbawa, Danramil 12/Moyo Hilir, Kapolsek Moyo Hilir, Para Babinsa dan Bhabinkamtibmas Moyo Hilir serta Komunitas masyarakat pecinta lingkungan.

Dalam sambutannya Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M. Tr (Han) menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan alam dan kesejahteraan masyarakat terutama di wilayah Kodim 1607/Sumbawa.

"Penanaman pohon mangrove di Dusun Umo Desa Penyaring ini menjadi bagian dari pembinaan lingkungan hidup. Ratusan bibit mangrove ditanam di sekitar lokasi bibir pantai dengan harapan menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menjaga ekosistem perairan," ujar Dandim.

Dandim berharap agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikan bibit mangrove tersebut. "Semoga apa yang kita lakukan saat ini dapat bermanfaat untuk generasi penerus bangsa. Dari pada kita meninggalkan air mata kepada anak cucu kita, lebih baik kita meninggalkan mata air kepada anak cucu kita," pesan Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M. Tr (Han).

Sedangkan sambutan Bupati Sumbawa yang dibacakan oleh Asisten I Pemerintahan Dan Kesra, Zulkifli dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1607/Sumbawa beserta jajaranya yang telah peduli terhadap lingkungan.

"Atas nama pemerintah Kab. Sumbawa kami berterimakasih atas Deklarasi dengan menanam pohon mangrove di Dusun Umo Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa," ucapnya.

Zulkifli juga mengingatkan serta mengajak kepada seluruh warga Desa Penyaring agar lebih peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita dan bersama sama menjaga kelestarian lingkungan.

"Saya juga berharap mudah-mudahan ikhtiar baik yang telah dilakukan oleh jajaran Kodim 1607/Sumbawa dapat diikuti dengan pemeliharaan yang baik oleh masyarakat," harap Asisten I. (Red).

0 komentar:

Posting Komentar