Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Bantu Pembangunan Rumah Adat Nananoe


Belu NTT – Journal NTB.Com-Rumah adat merupakan salah tempat untuk melakukan berbagai kegiatan ritual baik upacara adat, musyawarah maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. 

Berkaitan dengan itu, personel Pos Nananoe Kipur III membantu masyarakat Dusun Nanaenoe Desa Nananoe Kecamatan Nanaet Duabesi Kabupaten Belu untuk membangun rumah adat masyarakat setempat.

Demikian dikatakan Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur disela-sela kegiatannya di Mako Satgas Pamtas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat, Sabtu (10/7/2021).

Dalam proses pembangunannnya, sambung Bayu Sigit, pihaknya selalu mendukung tahap demi tahap pelaksanaan pembangunan mulai dari menggali dan pembuatan pondasi dan tahap sekarang yakni penyiapan tiang rumah adat.

"Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian adat istiadat dan budaya di NTT khususnya di Kabupaten Belu sekaligus untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong ditengah-tengah masyarakat yang dirasakan kian memudar," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, personel Pos Nananoe juga dapat menjalin silaturahmi dan komunikasi sosial dengan masyarakat dengan harapan terjalinnya kedekatan dan hubungan yang harmonis antara pos dengan masyarakat.

Bayu Sigit juga menginstruksikan Danpos Nananoe Sertu Rezha Arli bersama anggotanya untuk tetap membantu masyarakat dalam pembuatan rumah adat hingga selesai secara fisik yakni pemasangan atap, sedangkan acara adatnya diserahkan kepada masyarakat adat setempat.(**)

0 komentar:

Posting Komentar