TNI dan Polri Gelar Apel Gabungan Patroli Pendisiplinan Penegakan Prokes Covid-19

Sumbawa Besar.journalntb.com– Personil gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Kabupaten Sumbawa melaksanakan patroli pendisiplinan penegakan protokol kesehatan Covid-19 dan imbauan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro (PPKM Mikro) di wilayah Kabupaten Sumbawa, Sabtu (10/07/2021) malam.

Penerapan PPKM Mikro di Kabupaten Sumbawa sesuai dengan Surat Edaran Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa akan menerapkan PPKM Mikro sehingga aktivitas masyarakat dibatasi sampai dengan Pukul 21.00 Wita. Sesuai dengan SE Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa, PKM Mikro akan diterapkan mulai Senin 12 Juli 2021.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel gabungan pengecekan anggota Kodim 1607/Sumbawa dan Satpol PP Kabupaten Sumbawa dipimpin oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) yang digelar di Makodim 1607/Sumbawa. Selanjutnya Personil Gabungan TNI serta Satpol PP Kabupaten Sumbawa bersama sama menuju Mapolres Sumbawa untuk melaksanakan Apel Gabungan dilanjutkan dengan Patroli Gabungan.

Apel Gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.Ik didampingi oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) dengan jumlah personil sekitar 80 personil gabungan TNI-POLRI dan Satpol PP Kabupaten Sumbawa.

Sasaran patroli gabungan antara lain tempat tempat Keramaian serta para pelaku usaha yang masih melakukan aktifitas diatas pukul 21.00 wita.

Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.Ik saat memimpin Apel mengatakan, Dimana kita ketahui bahwa untuk saat ini wilayah Jawa dan Bali sudah memberlakukan PPKM sekala Darurat di karenakan jumlah kasus pasien Covid yang ada diwilayah tersebut kian meningkat.

"Untuk wilayah NTB juga demikian khususnya di daerah Kota Mataram sudah memberlakukan PPKM skala Darurat, tidak menutup kemungkinan wilayah Kabupaten Sumbawa bisa melakukan PPKM skala Darurat apabila kasus terkonfirmasi positif Corona meningkat," kata Kapolres.

Kapolres Sumbawa menambahkan, Pemberlaku surat Edaran Bupati Sumbawa terkait PPKM skala Mikro dan serta tindakan kita di lapangan selalu mengingatkan dan pendisiplinan waktu bagi para pengunjung dan selalu mengingatkan prokes Covid 19.

"Untuk itu kita bersama melakukan kegiatan ini memberikan penekanan kepada masyarakat sekaligus memberikan pemahaman terkait SE Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa," ucap Kapolres.

Hal senada disampaikan oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) dalam sambutannya mengatakan, patroli pendisiplinan penegakan protokol kesehatan Covid-19 dan imbauan PPKM Mikro sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo. Diharapkan, seluruh personil gabungan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Laksanakan dan sosialisasikan pelaksanaan PPKM Mikro pada masyarakat. Pada saat melaksanakan kegiatan, lakukan secara humanis. Apabila masih ada warga yang masih berkerumun atau beraktivitas di luar rumah melewati jam yang ditentukan, agar kita lakukan pembubaran secara baik-baik," tegas Dandim.

Dandim menambahkan, tujuan patroli gabungan TNI-Polri dan Satpol PP adalah untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka mengantisipasi maupun memutus penyebaran Covid-19.

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa terhadap keselamatan masyarakat, serta sebagai sarana untuk memberikan imbauan pada warga masyarakat agar selalu mengedepankan Prokes guna pencegahan penyebaran Covid-19," pungkas Dandim.

Usai apel, tim patroli gabungan TNI-Polri dan Satpol PP menuju sasaran yang telah ditentukan. Tim Gabungan menyisir wilayah Kota Sumbawa hingga wilayah timur perbatasan Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Dompu.

Untuk diketahui, kegiatan Patroli Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan himbauan Pemberlakuan Surat Edaran Bupati Sumbawa terkait PPKM skala Mikro di Kabupaten Sumbawa dilaksanakan secara serentak oleh Jajaran Kodim 1607/Sumbawa yang bersinergi dengan Jajaran Polres Sumbawa serta Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa guna memutus penyelenggaraan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. (Red).

0 komentar:

Posting Komentar