Babinsa Koramil Jajaran Kodim 1620/Loteng Laksanakan Contact Tracing Pasien Covid-19 Di Wilayah Binaan


Lombok Tengah, Media Journal NTB.Com-
Jum'at 13 Agustus 2021 - Para anggota Babinsa Koramil Jajaran Kodim 1620/Loteng di masing-masing wilayah binaan melaksanakan Contact Tracing
terhadap warga yang berhubungan langsung dengan Pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Bekerjasama dengan tim kesehatan yang ada di masing-masing wilayah, para Babinsa tersebut mendata dan mengecek keadaan kesehatan keluarga maupun orang terdekat warga yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Sekitar 10-15 orang warga yang dinilai pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19, diberikan himbauan dan dilakukan tes usap/Swab Rapid Test Antigen. 

Sebagai Bintara Pembina Desa, Para Babinsa mensosialisasikan warga masyarakat terkait tracking yang dilakukan itu adalah untuk memastikan kondisi kesehatan keluarga dan orang dekat pasien kontak erat Covid-19 apakah terpapar atau tidak.

Babinsa di masing-masing Desa binaan memberikan arahan terutama kepada keluarga yang terkonfirmasi Covid-19, untuk jangan panik, tidak perlu takut, namun harus tetap waspsda dan mematuhi anjuran serta aturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.

Sedangkan bagi pasien positif Covid-19, Babinsa mengedukasi agar tidak melakukan aktifitas di luar rumah serta sedapat mungkin menjaga jarak dengan orang lain guna menghindari penularan.

Di jelaskan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., Tujuannya demi keamanan dan kesehatan serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kami melakukan penelusuran kontak erat atau tracing, untuk memantau dan mengevaluasi warga masyarakat di wilayah binaan saat diketahui pernah kontak dengan pasien positif Covid-19", ujar Dandim.

Menurut Dia, hal ini dilakukan untuk mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Saya kira ini bisa berjalan lebih masif lagi, terutama sebagai mitigasi kemungkinan lonjakan setelah pelaksanaan Tracing selama dua minggu kedepan," ucap Dandim.

Dandim juga menjelaskan bahwa jajarannya di wilayah selalu siap sedia membantu pihak-pihak terkait melaksanakan kegiatan tracing maupun mengedukasi dan menghimbauan warga masyarakat, demi keselamatan bersama.

Dirinya menegaskan bahwa Kodim 1620/Loteng saat ini harus fokus pada pengabdian untuk rakyat, dan menurunkan tingkat Positif yang terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

"Saya minta seluruh anggota segera menyusun tata laksana penanganan yang benar, karena dengan melakukan hal tersebut maka langkah intervensi akan lebih cepat dilakukan," ucap Dandim.

"Kita harus terus bekerja sama untuk berusaha mengurangi angka positif ini. Penurunan yang sudah terjadi saat ini merupakan hal yang jauh dari apa yang kita harapkan, semoga kita bisa membuat angka ini jadi makin rendah bahkan hilang," pungkas Dandim.(S.km)

0 komentar:

Posting Komentar