HMS Gelar Bimtek dan Menyerahkan Bibit Porang 45.000 biji di Kabupaten Dompu

Dompu.journalntb.com-
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR- RI) Komisi IV  fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Barat ( Dapil NTB) 1 Se- Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST.MM yang akrab disapa HMS menyerahkan bibit Porang sebanyak 45.000 dan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petani millenial dan petani khususnya di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

HMS menjelaskan,bahwa bibit porang ini didatangkan dari jawa dan memiliki sertifikat dengan harapan akan dapat memberikan bantuan kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan memicu yang lain untuk dapat bercocok tanam alternatif selain padi dan jagung.

"Porang sedang mendapat perhatian khusus dari berbagai kalangan mengingat jenis tanaman ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga tidak heran sangat digandrungi oleh masyarakat "demikin HMS menjelaskan kepada media sabtu (28/8/21)

H.M.Syafrudin mengatakan,di NTB khususnya pulau sumbawa budi daya porang masih dalam tahap percobaan kenapa saya katakan percobaan karena masyarakat sedang dalam proses menanam dengan terbatas baik karena bibitnya yang sulit untuk didapatkan juga harganya yang tinggi.

" Sebelumnya saya sudah menyerahkan bibit Porang di desa lunyuk Kabupaten Sumbawa.Pohon porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman porang dikenal dengan nama iles-iles." Kata HMS tiga periode DPR RI.

Lanjut HMS Bimbingan teknis ini dilaksanakan dengan peserta penyuluh pertanian, santri tani dan petani millenial se -kabupaten dompu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MM dalam sambutannya berterimakasih kepada HMS yang selalu memperhatikan Kabupaten Dompu baik dalam masalah pertanian maupun yang lainnya, terlebih hari ini memberikan bantuan porang dan sekaligus dengan bimbingan tekhnisnya.

"Kami masyarakat dompu berharap banyak kepada HMS dalam mensinergikan berbagai kegiatan untuk mendukung program pemerintah dompu yang dikenal dengan sebutan Jara Pasaka (Jagung,Porang,Padi,Sapi,Ikan) " tutur Wabup

Arif Muliyawan,SP,.M.Ap dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Badan Litbang Pertanian yang ada di Malang menyampikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi IV H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM yang memberikan dukungan kepada masyarakat di pulau Sumbawa khusunya di kabupaten Dompu.

"Bantuan yang di sampaikan 2 Hektar itu melalui HMS, setelah porang ini di tanam terus akan berkembang menjadi sumber benih atau bibit yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar tentunya dengan harga yang miring."jelasnya

Arif mengatakan Pemda Dompu sudah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) salah satunya adalah pengembangan Porang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Kabupaten Dompu.

"Harga porang di pasaran ekspor juga terus meningkat. Manfaat porang, terutama umbinya, digunakan untuk bahan baku pembuatan tepung  untuk kosmetik dan tepung olahan seperti beras,mie yang rendah kalorinya juga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat" ujarnya

Lanjutnya,semoga kedepannya porang di Dompu ini bisa berkembang dengan baik dan pasarannya tetap menjanjikan untuk saat ini,dan juga semoga Dompu bisa menciptakan atau menghasilkan bibit Porang yang berkualitas lokal Dompu (untuk di pulau Sumbawa Dompu menjadi sentral bibit Porang).(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar