Tim Current Audit Itdam IX/Udayana Laksanakan Pengawasan Proggar Jajaran Korem 162/WB


Mataram -Media Journal NTB.Com-
 Korem 162/WB menggelar Taklimat Awal kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran (Proggar) TA. 2021 satuan jajaran Korem 162/WB oleh Tim Current Audit Inspektorat Daerah Militer (Itdam) IX/Udayana di ruang rapat Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (30/8/2021).

Taklimat Awal dihadiri Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., ketua Tim Current Audit Itdam IX/Udayana Kolonel Kav I Wayan Bambang Sutrisno dan rombongan, Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan, para Kasi Korem, Dan/Ka Satuan Dinas Jawatan jajaran Korem 162/WB.

Danrem 162/WB dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat datang kepada ketua Tim dan rombongan, selanjutnya ia meminta kepada tiap-tiap satuan agar menyampaikan kondisi sebenarnya termasuk kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran sehingga Tim Current Audit dapat memberikan bimbingan, arahan dan solusi untuk kesempurnaan tugas ke depan.

Dengan demikian, sambungnya, pelaksanaan program kerja dan anggaran pada tahun-tahun berikutnya tidak terdapat temuan atau terjadi kesalahan yang menonjol sehingga ke depan TNI AD khususnya Kodam IX/Udayana semakin profesional, adaftif dan di cintai rakyat.

"Selaku manusia biasa kami masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, mohon bimbingan dan arahan agar Korem 162/WB menjadi lebih baik kedepan,"  pintanya.

Sedangkan Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Erwin Djatniko dalam sambutannya dibacakan oleh Ketua Tim Current Audit Kolonel Kav I Wayan Bambang Sutrisno menyampaikan, pada tahun anggaran 2021 ini kegiatan current audit di wilayah Korem 162/WB akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Agustus sampai dengan 18 September 2021 terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2021 yang sedang berjalan dan dilaksanakan dengan mempedomani program yang sudah ditetapkan dan tetap dalam koridor peraturan yang berlaku.

"Hal ini, untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan sehingga diharapkan hasilnya akan sangat optimal untuk memperkecil temuan dari tim pengawasan eksternal," terang Irdam IX/Udayana.

Pelaksanaan current audit Itdam IX Udayana di wilayah Korem 162/WB pada pengawasan kinerja dan perbendaharaan menitik beratkan pada beberapa materi diantaranya, pemanfaatan aset jajaran Korem, proses pengadaan barang dan jasa, pengawasan data PKTM jajaran Korem, pengelolaan administrasi, pengelolaan hibah, pertanggungjawaban keuangan, pembayaran belanja pegawai dan pelaksanaan pembayaran belanja barang. 

Dalam rangka mendukung pelaksanaan current audit kali ini, Brigjen TNI Erwin Djatniko mengajak untuk bersama-sama menciptakan suasana kerja harmonis, saling ada keterbukaan, saling percaya dan komunikasi timbal balik yang baik karena pada dasarnya metode current audit bersifat konsultasi atau pendampingan terhadap kemungkinan potensi masalah yang akan muncul.

"Pada pelaksanaan post audit nanti diharapkan tidak terdapat lagi temuan-temuan yang berulang, yang sudah dikonsultasikan pada pelaksanaan current audit," pungkanya.

Usai acara sambutan dilanjutkan dengan pemeriksaan program kerja dan anggaran TA 2021 oleh anggota tim Current Audit Itdam IX/Udayana terhadap staf Korem 162/WB.(**)

0 komentar:

Posting Komentar