Tuntas 5 Pilar STBM, Kabupaten Sumbawa Barat Raih Rekor MURI

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) setelah mendeklarasikan Kabupaten Tuntas 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Sumbawa Barat dengan Menkes RI dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif H.Sandiaga Salahudin Uno melalui virtual bertempat di Gedung Hanipati Resto kamis (19/8) Kemarin.

Di kutip dalam akun Facebook Benny Tanaya Staf Khusus Bupati mengatakan bahwa dirinya mendapatkan kabar baik dari Museum Rekor Indonesia (MURI), kabar ini setelah 2 bulan lalu mendaftarkan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk tercatat dalam Rekor Dunia Indonesia.

"Rekor Dunia ini melalui proses verifikasi dan mengirimkan dokumentasi serta persyaratan yang diwajibkan oleh MURI akhirnya saya mendapatkan jawaban persetujuan pencatatan atas nama Kabupaten Sumbawa Barat dengan nama rekor : Kabupaten Pertama di Indonesia Tuntas 5 Pilar STBM."kata Benny pada selasa (24/8/21).

Benny menjelaskan, Tuntas 5 pilar STBM adalah meliputi: (1) Stop Buang Air Besar Sembarangan,(2) Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), (3) Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), (4) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan (5) Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga, sehingga Kabupaten Sumbawa Barat Satu-Satunya Kabupaten di Indonesia sukses menuntaskan 5 Pilar STBM.

"Rekor ini kami persembahkan kepada rakyat KSB sebagai hadiah untuk usia ke 18 Tahun Sumbawa Barat tanggal 20 November 2021.Kita bisa karena hasil konsisten dan komitmen kita bersama sehingga ini menjadi Inspirasi untuk Indonesia,"Ucap Benny

Kesuksesan ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, terutama kehadiran para Agen Gotong Royong melalui Program PDPGR yang sudah diperdakan , hal ini menunjukan Komitmen Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam memerangi Pandemi Covid-19 melalui STBM, " Sesuai Permenkes No. 3 Tahun 2014"  Tutur Benny (Rozak).

0 komentar:

Posting Komentar