Polres KSB,Bhabinkamtibmas Senayan Lakukan Mediasi Terkait KDRT

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Bhabinkamtibmas Desa Senayan Briptu M.Amin Kutbi anggota Polsek Poto Tano wilayah hukum Polres Sumbawa Barat melakukan mediasi di polres Sumbawa Barat terhadap kedua belah pihak yang terjadi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).Pada selasa (9/11/21) pukul 18.00 wita.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin SIK,.MIP melalui Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Eddy Soebandi,S.Sos mengatakan, kekerasan dalam rumah tangga hal yang sering terjadi di masyarakat sehingga pihak yang dirugikan merasa keberatan hingga melapor ke pihak berwajib.
 
"Atas kejadian tersebut, Bhabinkmtibmas Desa Senayan mendampingi dan memidiasi kedua belah pihak agar berdamai yang permasalahan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) dan membuatkan surat peryataan agar tidak mengulangi kesalahan yang kedua kalinya "jelas Eddy

Eddy menjelaskan,kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga lebih banyak dialami oleh perempuan yang berdomisili sebagai istri, sedangkan pelakunya didominasi oleh laki-laki yang berdomisili sebagai suami. Hal ini disebabkan oleh faktor internal antara lain yaitu karakter pelaku kekerasan yang cenderung emosional, ketergantungan ekonomi, pihak ketiga dalam rumah tangga.

"Faktor eksternal antara lain perbedaan budaya/kebiasaan, perbedaan agama atau kepercayaan pasangan suami istri dan keduanya tidak saling memahami."terang Eddy  

Dalam hal ini proses penyelesaiannya melalui mediasi atau diselesaikan di luar pengadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh agama, kepala desa, kepala dusun dan masyarakat setempat.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar