Presiden RI Resmikan Sirkuit Mandalika, Danrem 162/WB : TNI-POLRI Siap Amankan Berbagai Event Internasional



Lombok Tengah -JournalNTB.Com.
 Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo telah meresmikan Pertamina Internasional Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang berlokasi di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peresmian Sirkuit Mandalika ditandai dengan penandatanganan prasasti, setelah Presiden Joko Widodo terlebih dahulu mencoba lintasan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut menggunakan motor Custom Kawasaki W175, didampingi oleh empat pembalap Indonesia yang akan berlaga di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). 

Demikian disampaikan Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., usai peresmian Sirkuit Mandalika di sela-sela mendampingi Presiden RI saat akan melaksanakan Ibadah Sholat Jumat di Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Jum'at (12/11/2021).

Setelah diresmikan, kata Danrem 162/WB, maka Sirkuit yang pengaspalan lintasannya menggunakan stone mastic asphalt ini benar-benar sudah layak dan siap digunakan untuk penyelenggaraan event internasional Superbike pada 19 hingga 21 Nopember mendatang, maupun MotoGP tahun depan.

"Bapak Presiden sudah meresmikan Sirkuit Mandalika, maka NTB sudah siap menjadi tuan rumah ajang balap kelas dunia Superbike dan MotoGP," ujarnya.

Selain meresmikan Sirkuit Mandalika, lanjut Brigjen TNI Rizal Ramdhani, Presiden Joko Widodo juga meresmikan Jalan Bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dengan KEK Mandalika. 

"Tamu atau wisatawan yang nanti berkunjung ke Mandalika bisa langsung melalui jalan sepanjang 17,3 kilometer ini dengan jarak tempuh sekitar 15 menit saja," terangnya.

Orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB tersebut menambahkan, TNI Polri bersama pemerintah daerah maupun Stakeholder terkait lainnya di NTB sudah siap mendukung kelancaran pelaksanaan berbagai event Internasional yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.

"Kami sudah menyusun dan menyiapkan dengan matang rencana pengamanan untuk mendukung kelancaran IATC dan Superbike maupun MotoGP, Skenario pengamanan juga sudah dilatihkan baik secara parsial ataupun gabungan," pungkasnya.

Terlihat dalam rangkaian kunjungan kerjanya di NTB, Presiden RI didampingi oleh sejumlah Menteri diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Selain itu, didampingi juga oleh Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, dan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal.(skm)

0 komentar:

Posting Komentar