Puan: Demokrasi adalah Bagian dari Penyelesaian Masalah

Jakarta.journalntb.com-
Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 yang digelar hari ini, Kamis (9/12/2021) dikatakan Ketua DPR RI Puan Maharani, tak hanya akan melihat dampak pandemi terhadap demokrasi secara langsung, namun juga akan berbicara mengenai ketidakadilan ekonomi dan sosial serta semakin meningkatnya angka kemiskinan. 

Ditegaskannya, demokrasi harus mampu menjadi bagian dari penyelesaian masalah. 

Seperti di antaranya adalah dengan berkontribusi mengakhiri pandemi, mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan, serta memperbesar akses pendidikan dan kesehatan.

Puan mengatakan, diperlukan best practice tentang good governance selama krisis termasuk peran parlemen selama masa pandemi Covid-19.

"Meski banyak tantangan, termasuk soal keadilan vaksin, demokrasi tetapkan cara terbaik untuk mengakomodasi  berbagai pandangan di masyarakat, dan memfasilitasi dialog di antara masyarakat dengan latar belakang berbeda-beda," katanya.

"Memperkuat demokrasi berarti menerima partisipasi luas dalam pengambilan keputusan dan memberikan kesempatan besar untuk rakyat dalam menyuarakan aspirasinya," tegas Puan.

Ia berharap forum yang diinisiasi oleh Indonesia untuk membahas soal demokrasi di kawasan Asia Pasifik dapat menjawab tantangan global yang ada saat ini.(red)

0 komentar:

Posting Komentar