338 Marshal Lokal Siap Akan Direkomendasikan MotoGP Indonesia


Lombok Tengah. JournalNTB.com.
Rangkaian tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika telah rampung pada Minggu (13/2/2022) sore WIB. Selama tiga hari, puluhan pebalap mulai dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) hingga Marc Marquez (Repsol Honda) memanfaatkan Sirkuit Mandalika untuk menemukan setelan motor terbaik menjelang MotoGP 2022.

Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika juga tidak lepas dari kinerja marshal lokal tersebar di berbagai titik lintasan. Total ada 338 marshal yang bekerja selama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Selama tiga hari, ratusan marshal tersebut selalu stand by di pos-pos mereka sejak pukul 07.00 WITA atau dua jam sebelum tes pramusim dimulai.
Setiap hari mereka bekerja selama kurang lebih 10 jam mengawal Sirkuit Mandalika ketika Marquez dan 23 pebalap lainnya mengaspal di lintasan.

Setelah tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika rampung, ratusan marshal yang bekerja sontak berkumpul di dekat garis start-finis. Dalam pantauan media raut wajah ratusan marshal tes pramusim MotoGP 2022 tidak tampak lelah meskipun sudah lebih dari 10 jam "terjemur" di sisi lintasan.

Para marshal justru tampak sangat bahagia karena sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik sepanjang tes pramusim. Ratusan marshal ini berkumpul di belakang garis start-finish disambut oleh Dirut Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria. Setelah itu, mereka sempat berfoto bersama. Di tengah foto, para marshal tes pramusim MotoGP 2022 itu meneriakkan: "Mandalika Bisa!"
Sempat menemui salah satu marshal yang bernama Lalu Nuraja Fahmi. Raja, nama panggilannya, merupakan pemuda asli Lombok (NTB) berusia 25 tahun yang tinggal di Desa Ketara, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Kepada media Raja mengaku sudah bekerja sebagai marshal di Sirkuit Mandalika sejak Asia Talent Cup dan World Superbike (WSBK) akhir tahun lalu. Dalam keterangannya, Raja mengaku optimistis Sirkuit Mandalika siap menyelenggarakan MotoGP Indonesia 2022 bulan depan. Saya sangat senang karena bisa ikut berkontribusi dengan event internasional seperti tes pramusim MotoGP 2022," kata Raja kepada Wartawan.

"Saya yakin Sirkuit Mandalika bisa menjadi sirkuit terbaik dan tercantik di dunia. Sirkuit Mandalika mungkin bisa mengalahkan Sirkuit Phillip Island (Australia) yang juga di pinggir pantai," tutur Raja menambahkan.

Raja dan ratusan marshal lainnya kemungkinan besar akan kembali mengawal Sirkuit Mandalika pada MotoGP Indonesia 2022 akhir Maret mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Eddy Horison selaku Wakil Pimpinan Perlombaan Event dan Koordinator Marshal Mandalika.

Marshal Indonesia mendapatkan peniliaan yang baik dari Race Director, Mike Webb, dan Komite Keselamatan (Safety Officer)," kata Eddy kepada media. Mereka menyatakan sumber daya marshal Indonesia ini sudah memenuhi standar untuk MotoGP. Dari segi kemampuan sumber daya, kita sudah memenuhi standar," ujar Eddy.

"Hanya kita masih sedikit kurang dari segi perlengkapan. Seperti penambahan vacuum blower untuk membersihkan trek atau menggunakan jenis tisu industri," ucap Eddy.

"Saat ini kami masih memakai tisu untuk menyerap minyak. Mungkin hanya perlengkapan yang harus kita perbaiki. Selebihnya, marshal Indonesia sudah bagus," ujar Eddy menambahkan.
Saya akan mencoba merekomendasikan marshal sekarang untuk MotoGP Indonesia 2022," ucap Eddy.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 atau dua pekan setelah seri pembuka, GP Qatar.(**).

0 komentar:

Posting Komentar