HMS Meminta KKP Memperhatikan Nelayan Kecil


Jakarta.journalntb.com-
Anggota DPR RI Komisi IV dari fraksi PAN ( Partai Amanat Nasional ) Dapil 1 NTB Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin, ST,.MM yang selalu disapa HMS melaksanakan rapat dengan Menteri KKP (15/2/22) Sakti Wahyu Trenggono beserta jajaran Eselon I,meminta kepada pemerintah agar serius memperhatikan nasib nelayan kecil yang melaut diperairan indonesia. 

Hal tersebut disampaikan HMS mengingat tingkat keamanan nelayan yang menggunakan perahu kecil untuk melaut selalu terancam dengan kondisi cuaca yang tidak menentu sementara  tetap harus melaut dengan jarak yang cukup jauh dari daratan, selanjutnya hasil melautnya juga harus berbagi dengan pemilik fasilitas yang digunakan melaut. "Oleh karena saya meminta kepada KKP agar bisa memfasilitasi para nelayan dengan alat yang mampu mendeteksi jarak dan kondisinya ketika melaut." Kata HMS tiga periode DPR RI.

Selanjutnya HMS juga meminta agar KKP dapat mengaktifkan secara maksimal asuransi,bagi nelayan dengan premi yang kecil bila perlu premi ditanggung oleh KKP, sebagai subsidi kepada masyarakat kecil. Dan nelayan tidak dibebankan dengan premi, khusus dipulau sumbawa HMS meminta agar upaya KKP dalam mensejahterakan nelayan harus lebih terasa baik dalam memberikan perlindungan keselamatan melaut sampai dengan upaya pembentukan koperasi bagi nelayan.

HMS menambahkan, bahwa dipesisir pulau sumbawa sangat banyak hasil laut yang bertaraf nasional bahkan internasional. Seperti tuna hanya saja nelayan- nelayan tersebut tidak dibekali dengan kemudahan dalam pemasarannya sehingga nilai jualnya jauh sekali dengan standart yang berlaku.

" Saya berharap dalam waktu dekat harus ada pembenahan yang maksimal dilakukan oleh KKP disegala lini supaya kesejahteraan bagi nelayan bisa terwujud dan saya berjanji sebagai wakil rakyat akan mengawasi terus berbagai fenomena kelautan yang terjadi di NTB umumnya dan pulau sumbawa khususnya.Kita harus berada disemua lini dan berpihak kepada masyarakat nelayan, tidak hanya nelayan besar tetapi justru kepada nelayan-nelayan kecil.Agar perekonomian kita bisa tumbuh dengan sehat." ungkap HMS dalam rapat tetsebut.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar