Pembukaan Pelatihan BLK KSB Tahap Pertama Tahun 2022,Menghasilkan SDM Tenaga Kerja Yang Berkompeten.


Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten  Sumbawa Barat melakukan pembukaan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Pendidikan Dan Pelatihan Vokasi di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Anggaran 2022. Bertempat di Aula BLK Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat pada rabu 16 februari 2022.

Sambutan Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sumbawa Barat Zuchrijan Kurniawan, ST menyampikan,kegiatan pelatihan tahun anggaran 2022 gelombang pertama ini diikuti oleh 48 peserta dan ada tiga juruan yakni Teknik Listrik 16 peserta, Otomotif 16 peserta dan Las 16 peserta.

" Pelatihan di BLK KSB setiap tahunnya mampu melatih calon tenaga kerja sebanyak 240 orang. Dan dalam rangka penempatan dan perekrutan tenaga kerja BLK bersama Dinas Tenaga kerja KSB berkoordinasi dengan Perusahaan dan Industri yang ada di KSB untuk kedepannya dapat memprioritaskan Alumni BLK untuk mengisi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan karena mereka sudah memiliki Kompetensi dan Sertifikasi." kata Jo sapaan akrabnya

Jo menerangkan,selama kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh BLK yang sumber dananya dari APBN dan APBD. Sehingga pelatihan ini di berikan kepada masyarakat yang mencari kerja,harapanya dengan mendapatkan pelatihan ini bisa bekerja secara mandiri.

" Alhamdulillah masyarakat sangat antusias yang ingin belajar di BLK,terutama dibidang Listrik,Las dan Otomotif.Kami berharap kepada pemda agar bisa memperhatikan aula BLK KSB dibuatkan sesuai dengan bidangnya masing-masing, selama ini kami masih menggunakan satu aula sehingga kurang maksimal dengan peserta yang ada"ujarnya

Dalam sambutan Kepala Dinas Ketenaga Kerja dan Taransmigrasi Sumbawa Barat Ir.H.Muslimin,M.Si mengatakan,kegiatan ini merupakan langkah kecil ketrampilan untuk menuju profesional karna suatu pekerjaan di perusahaan tentunya memerlukan skill dibidangnya.

"Pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan di Balai Latihan Kerja (BLK) bertujuan untuk membentuk sikap mental dan karakter bagi para peserta pelatihan dalam menghadapi persaingan global, meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kejuruan masing-masing, yang pada akhirnya dapat mengisi kebutuhan akan tenaga kerja kompeten di dunia usaha dan dunia industri serta mendorong minat masyarakat untuk dapat berwirausaha secara mandiri." terangnya

Muslimin berharap, BLK Sumbawa Barat harus bisa mengambil bagian dari kerja bersama dengan terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, meluaskan jejaring dan kerjasama, baik dengan pemerintah daerah, institusi, dan industri yang ada untuk bekerjasama dan bahu membahu untuk menjadi lokomotif dalam penciptaan inovasi dan kreativitas yang memiliki nilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan menghasilkan SDM yang kompeten dibidangnya masing-masing.

" Sebentar lagi di Kabupaten Sumbawa Barat ada Pembangunan Smelter sebagai pemurnian emas di PT AMNT,tentunya akan menyerap ribuan tenaga kerja karna nantinya Smelter ada industri turunan. Maka pekerja akan diperioritaskan yang memiliki keahlian dan sertifikat pekerja seperti alumni dari BLK Sumbawa Barat" tuturnya 

Muslimin menambahkan, bahwa keuntungan mengikuti pelatihan di BLK Sumbawa Barat selain memperoleh keterampilan/skil juga memperoleh sertifikat yang diakui secara nasional yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar