Wagub Ummi Rohmi Dorong Kabupaten Bima Tuntaskan 5 Pilar STBM


Bima,JournalNTB.Com.
Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mendorong pemerintah Kabupaten Bima, untuk menuntaskan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Hal tersebut disampaikan Ummi Rohmi sapaan Wakil Gubernur NTB, saat kunjungan kerjanya ke Bima dan Dompu, Rabu (23/2/2022) di desa Teke kecamatan Palibelo Kabupaten Bima.

"Posyandu keluarga dapat menjadi media edukasi untuk mendukung STMB ini,"kata Ummi Rohmi didampingi Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, saat meninjau Posyandu Keluarga Dahlia Teke Palibelo.

Lebih lanjut jelas mantan ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur ini, pilar 1 Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), pilar ke 2,  Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan pilar 4 Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT) sudah terimplentasi.

"Apalagi di dukung oleh adanya Bank Sampah," tambahnya.

Tersisa 2 pilar yang harus di dorong, yaitu pilar ke 3 Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), dan pilar ke 5 yaitu Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).

Untuk itu, ia berharap agar pemenuhan gizi untuk balita harus diperhatikan, sehingga tidak ada stunting atau kematian balita. Begitupun kematian ibu hamil saat melahirkan. 

"Maka harus sering dibawa ke posyandu keluarga," ujarnya.

Karena posyandu keluarga, dapat memberikan edukasi tentang pola hidup sehat, untuk ibu dan anak, remaja hingga lansia.

Selain itu, didepan kader posyandu, Kepala Desa, Dikes dan DPMD dan Capil, Wugub juga mengingatkan agar melakukan vaksin. Baik vaksin pertama mslaupun vaksin ke dua. Pokoknya untuk hadapi pandemi hanya dengan cara pakai masker dan vaksin.

Wagub juga mengingatkan juga agar data DTSK terus divalidasi agar tetap sasaran dan yang berhak menerima.

Sementara itu Kades Teke  Nurhidayat, S. Sos, menyampaikan apresiasi atas kunjungan dan perhatian Wagub NTB.

"Kami akan terus mendukung Posyandu Keluarga maupun bank sampah termasuk 5 pilar tadi,"terang Kades.

Kabid Kesmas Dikes Kabupaten Bima  Tita Masitah, M. Si mengatakan posyandu konvensional di Kabupaten Bima telah direvitalisasi menjadi posyandu keluarga.

"Kami melalui Puskesmas-puskesmas meminta agar terus mengawal posyandu keluarga,"ucapnya.

Kabid Sosbud DPMDes Kabupaten Bima Ihwan Budiman, secara kelembagaan Dinas Desa terus mengkoordinir dan mendukung Pemerintah Desa menggagarkan kemajuan posyandu.

"Baik secara administrasi maupun persyaratan lainnya,"tutupnya.

Turut mendampingi Wagub Asisten 1, Kadis DLHK, Kadis PMPD Dukcapil, Kadikes, Sekdis Dikbud, Biro Adpim dan Karo Kesra Setda Provinsi NTB. (edjntb)

0 komentar:

Posting Komentar