Dukung Kemajuan UMKM, Ketum AMK Sambangi Pabrik Tahu Sumedang

 


SUMEDANG - Sebagai bentuk dukungan kepada perkembangan dan kemajuan UMKM Indonesia, Ketua Umum Angkatan Muda Kabah (AMK) Rendhika D Harsono mengajak pengurus Pimpinan Nasional (PN) dan Pengurus Wilayah (PW) AMK Jawa Barat menyambangi pabrik tahu Sumedang 'Palasari' di Jalan Mayor Abdurachman, Sumedang Utara, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2022).


Tak hanya sekadar mampir saja, Rendhika juga ke dapur tempat makanan khas Sumedang itu diproduksi, dan mencoba melakukannya. Rendhika juga membeli untuk dijadikan oleh-oleh.

"Dari Sumedang, kami melanjutkan ke Garut dan Tasikmalaya. Tahu Sumedang ini akan kami berikan sebagai oleh-oleh," kata Ketua DPP PPP ini.

Rendhika pun menyinggung soal naiknya harga kedelai yang merupakan bahan baku membuat tahu Sumedang. "Naiknya harga kedelai sangat mempengaruhi produsen tahu Sumedang yang notabenenya adalah adalah UMKM," ujarnya.

Dia pun meminta kepada pemerintah melakukan kebijakan yang tepat, yaitu memberikan subsidi harga kedelai yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM tempe dan tahu.

Rendhika mengingatkan bahwa kontribusi UMKM bagi perekonomian Indonesia sangat signifikan, dan menjadi pahlawan di masa resesi akibat pandemi Covid-19.

Di kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Aku Mau Kerja Candra Winata Alamsyah mengatakan, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada pelaku-pelaku UMKM, baik dari sisi produksi, packaging (kemasan), sampai penjualan.

Candra menjelaskan, fokus kerja Yayasan Aku Mau Kerja yaitu di bidang kewirusahaan go digital. "Kami akan membantu pengembangan UMKM secara digital, tanpa menghilangkan ciri khas UMKM," jelas Candra.

Candra menyebutkan, Yayasan Aku Mau Kerja akan berafiliasi atau bekerja sama dengan AMK dalam memajukan UMKM di Indonesia. "Beberapa daerah di Jawa Barat menjadi pilot project kami, dan sekarang sedang berjalan," pungkasnya.


0 komentar:

Posting Komentar