Sedikitnya 450 Orang Peserta Ikuti Sosialisasi Pilkades Agustus Mendatang.

Sedikitnya 450 Orang Peserta Ikuti Sosialisasi Pilkades Agustus Mendatang. 

Lombok Tengah. JournalNTB.Com.
Mendengar kata-kata Pilkades, tentunya Cakades BPD,  dan warga sangat bersemangat untuk menghadiri dan mengikuti jalannya dari tahap-ketahap. Dan pada kesempatan ini adalah tahap sosialisasi Pilkades 15 desa. Pembentukan panitia pilkades tahun 2022. Acara Sosialisai pilkades digelar di Ball Room Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah (17/03/2022).

Pada acara tersebut pertama kali dibuka oleh pembawa acara dengan dilanjutkan Doa bersama Peserta Sosialisasi Pilkades Loteng. 
Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Panitia dari Kantor DPMD Bapak Saspi Wahyupi dalam sambutannya Saspi  menyampaikan, "saya sangat berterimakasih kepada Kapolres, Kapolsek, Dandim Praya, para Opd dan para Valon kepala desa dan masyarakat Kabupeten Lombok Tengah yang menyempatkan hadir dalam acara sosialisasi pilkades yanga akan memulai dari bulan maret ini. perlu kami sampaikan bahwa peserta sosialisai ini meliputi 450 orang terdiri dari kades dan BPB.
pilkades ini akan berjalan tentunya atas dukungan semua pihak termasuk semua pemerintah desa dan masyarakat yang mengikuti 
Pilkades tahun ini, mengacu pada Permendagri Nomor 72/2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112/2014 tentang Pilkades. Salah satunya adanya kewajiban bagi cakades untuk menerapkan protokol kesehatan, dalam Permendagri itu juga diatur sanksi bagi calon kades yang melanggar protokol kesehatan bisa didiskualifikasi. Itu hukuman paling berat," ujarnya.

Sanksi itu, kata dia tidak hanya berlaku bagi cakades. Tetapi, panitia pilkades juga wajib menerapkan protokol kesehatan.
 "untuk selalu menjaga ketertiban dalam pilkades nantinya, dan jangan sampai menyebarkan berita HOAK karena itu bisa melanggar undang-undang IT."  jelas panita mengahiri sambutan nya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bapak Bupati HL Pathul Bahri melalui Asisten I pemda Lombok Tengah HL Wiraningsun  disampaikan sangat bertrrima kasih kepada para undangan yang berkesempatan hadir pada momentum yang sangat bersejarah ini,  kepada Kapolres, Kejari Praya, Dandim Praya, semua  OPD para calon kepala Desa (Cakades), BPD, tokoh masyarakat untuk diketahui tahapan Pilkades 6 bulan dari sekarang akan melalui tahapan dari persyaratan dan pendaftaran sampai dengan proses pilkades, " pemda berharap sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik dan diharapkan peserta agar mengikuti dan mentaati materi yang nanti akan diberikan oleh para panitia. semoga apa yang dihajatkan Pemda bisa berlangsung dengan aman dan damai." tutup Asisten. untuk diketahui ada 15 Desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala Desa diantaranya Desa Pejanggik, Loang Maka Kecamatan Praya  Tengah. Desa Montong Terep Kecamatan Praya, Desa Puyung Kecamatan Pringgarata. Montong Ajan, Selong Belanak, Teduh, Batujangkih, Pandan Indah,  Ranggagata, Kecamatan Praya Barat Daya. Desa Kerembong, kecamatan Janpria, Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kooang, Desa Peresak,dan Selebung. Kecamatan Batu Kliang. Terakhir yaitu penyampaian materi dan tata tertib Pilkades serentak oleh nara sumber yaitu Dari Dinas DPMD Kabupaten Lombok Tengah mengacu dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor Tahun 2022 Tentang Pilkades. (jntb)

0 komentar:

Posting Komentar