Pemprov NTB Gelar Kursus Bahasa Inggris Gratis Menjelang MXGP


Jelang MXGP, Pemprov NTB Gelar Kursus Bahasa Inggris Gratis

Memiliki kemampuan berbahasa inggris menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat. Terlebih di tengah maraknya event internasional yang digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Karena itu, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya menggodok kemampuan berbahasa inggris masyarakatnya. Melalui Rumah Bahasa kursus bahasa inggris gratis disediakan bagi masyarakat yang berminat. 

Khusus menjelang perhelatan bergengsi event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota, Rumah Bahasa akan bekerjasama dengan PT. Cerdas Digital Nusantara (CAKAP), sebuah perusahaan digital, untuk menyelenggarakan kursus bahasa inggris kepada sekurangnya 5000 peserta daring secara daring. 

"Program ini secara teknis akan dikolaborasikan dan disinergikan dengan program pelatihan bahasa asing yang ada di rumah bahasa," jelas Siti Rauhun Koordinator Rumah Bahasa, setelah audiensi Gubernur NTB bersama Tim CAKAP di Mataram, Rabu (13/4). 

Lebih detailnya, Siti Rauhun menjelaskan, CAKAP datang ke NTB berencana untuk berkolaborasi dengan Rumah Bahasa.

"Karena Rumah Bahasa tahun ini mode kelas yg kita berikan adalah kelas intensive (face to face) selama 1 - 2 bulan, sedangkan cakap ini memberiakn kelas secara daring atau online," jelas Siti. 


Cakap adalah perusahana digital yg menyediakn
Layanan pelatihan bahasa asing ( inggris, chinis, korea, jepang, dan indonesia) 
Cakap akan mengadakan pelatihan berbahaasa asing yg akan diberikan utk sekotor pendidikan,  pariwisata, ukm dan  tenaga  kerja lainnya. 

Sementara itu, lanjut Siti, untuk tahun ini terkait pelatihan Rumah Bahasa yang di Sumbawa diadakan kelas TOEFL dan ESP (English for spesific purpose) Tourism. 
Kemudian untuk kelas TOEFL sama dengan Kabupaten/kota lain di NTB kuota yang berikan maksimal 2 kelas. 

"Sedangkan untuk kelas ESP tahun ini kita berikan kuota lebih banyak untuk Sumbawa yaitu sekitar 4 kelas, karena mengingat persiapan utk pegelaran internasional MXGP," tuturnya. 

Saat ini Rumah Bahasa sendiri tengah mengadakan open recruitment peserta tahun 2022 sejak 7 maret sampai 30 april nanti. Rumah Bahasa menjaring peserta baik dari Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa. (jntb)

0 komentar:

Posting Komentar