Hormat dan Bakti Kepada Pahlawan, HUT ke-65 Kodam IX/Udayana Gelar Ziarah Rombongan



Tabanan -JournalNTB.com Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-65 Kodam IX/Udayana tahun 2022 ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada pelaksanaan ziarah rombongan kali ini dilaksanakan di di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, pada Selasa (24/5/2022).

Dipilihnya Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana sebagai tempat ziarah oleh Kodam IX/Udayana adalah upaya untuk mengenang sejarah Puputan Margarana di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 20 November 1946 yang juga tidak terlepas dari cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana.

Ziarah yang dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Pimpinan Rombongan Ziarah dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-65 Kodam IX/Udayana yang jatuh pada tanggal 27 Mei 2022, dilaksanakan penghormatan kepada Arwah, mengheningkan cipta, peletakan karangan dan tabur bunga di Monumen Taman Pujaan Bangsa Margarana. 

Selain itu, Pangdam juga meninjau Gedung Sejarah Perjuangan Taman Pujaan Bangsa Margarana yang berisikan bukti-bukti sejarah perjuangan pasukan Ciung Wanara pimpinan I Gusti Ngurah Rai yang dikenal dengan Puputan Margarana.

Kegiatan ziarah yang selalu dilaksanakan Kodam IX/Udayana dalam memperingati hari jadinya dimaksudkan sebagai wujud penghormatan dan mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjuang dengan segenap jiwa raganya demi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Hormat dan bakti serta mengenang jasa-jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa menjadi suatu hal yang patut kita ingat selalu sebagai salah satu sarana untuk terus mengobarkan jiwa nasionalisme dan patriotisme demi tetap tegaknya NKRI," jelas Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Antonius Totok YP., S.I.P., yang juga hadir dalam rombongan ziarah.

Selain itu juga, untuk memberikan contoh dan pengetahuan kepada generasi muda penerus bangsa untuk bersama-sama melanjutkan cita-cita mulia perjuangan para Pahlawan dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan negara yaitu dengan cara mengisi kemerdekaan Bangsa Indonesia melalui pangabdian kita sesuai profesi masing-masing.

"Kita jangan sekali-kali melupakan sejarah. Untuk itu, momen ziarah ke Taman Makam Pahlawan khususnya kepada para generasi muda sebagai penerus tongkat estafet perjuangan bangsa, ini dapat dijadikan inspirasi semangat juang, semangat kebangsaan para Pahlawan dalam memajukan dan tertanamnya jiwa militansi sebagai bagian dari Bangsa Indonesia," tutup Kapendam. 

Hadir pada acara ziarah diantaranya para Pejabat Utama Kodam IX/Udayana, para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana, Tokoh Puri Carangsari, Ketua P2M dan para Prajurit/PNS Jajaran Kodam IX/Udayana serta undangan lainnya. (UdyJntb)

0 komentar:

Posting Komentar