BUILDING CARACTER Kodim 1628/SB Bekali Wawasan Kebangsaan Siswa Siswi SMK I Taliwang



Sumbawa Barat,JournalNTB com.
Sekeloh Menengah Kejuruan I Taliwang menggelar kegiatan Building Carakter kepada siswa siswi SMK I Taliwang, Rabu (8/6/2022).

Kegiatan yang bertema "Building Carakter" itu diikuti oleh siswa siswi SMK I kelas II serta Kepala sekolah dan dewan Guru  bertindak sebagai salah satu narasumber Dandim 1628/SB Lektol Inf Octavian Englana Paradimaja Yang diwakili Pasi Ops Kodim 1628/SB Kapten Inf Fahmi.

Dalam paparannya, Pasi Ops menyampaikan tentang peran dan kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara dimana Pancasila menjadi dasar dan sumber hukum dalam penyelenggaraan negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya," terangnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup, sambung Pasi Ops , merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar dapat berdiri kokoh, tidak terombang ambing oleh keadaan apapun termasuk dalam era globalisasi dewasa ini serta untuk mengetahui arah tujuan dalam mengenal dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa, selanjutnya Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi landasan berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sedangkan Pancasila sebagai tujuan hidup, memberikan pemahaman kepada manusia dalam bertingkah laku dan bertindak melalui etika moral dan etika sosial," sambungnya.

Selain itu, Pasi Ops juga menerangkan tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari falsafah Pancasila meliputi nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

Sedang Dandim 1628/SB di tempat berbeda memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Kepala sekolah, Dewan guru serta siswa siswi SMK yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Saya bangga dengan adek-adek masih mau mengikuti kegiatan positif ditengah pesatnya perkembangan jaman dan arus tranformasi informasi sebagai bekal agar sebagai generasi penerus tetap memiliki karakter berwawasan kebangaaan, ini sesuatu yang patut kita tingkatkan ," tandasnya

Sejalan dengan Tema *BUILDING CARACTER* yaitu membangun karakter siswa dalam pemahaman nilai nilai kebangsaan dalam kehidupan bernegara kepada para siswa yang masih tidak menghafal Pancasila agar belajar lagi karena untuk menerapkan kita setidaknya hafal dulu agar lebih mudah memahami dan diaktualisasikan 

Kita ketahui di SMK I ada beberapa diantaranya siswa siswi yang memiliki Prestasi Nasional (Siswa Abdullah Juara Nasional 2x Petinju Amatir, dan Siswa Andri Kurniawan Juara 1 Festival Budaya Nasional sebagai pemain musik Tradisional terbaik) ini harus ditingkatkan menjadi tauladan bagi siswa siswi yang lain harap Dandim.(jntb)

0 komentar:

Posting Komentar