Wayang On The Street Mengelar Sendra Tari Kencana Mawa Wisa



Semarang, JOURNALNTB.Com - Untuk memperkenalkan lebih lagi kepada  masyarakat khususnya kota Semarang tentang wayang maka digelar WAYANG ON THE STREET pada Hari Jumat (10/06/2022) yang dihadiri dari berbagai komunitas maupun masyarakat umum.

Puspita mengungkapkan acara ini memperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya generasi muda tentang wayang. Serta makna dari suatu cerita wayang. Sehingga bisa mencintai Kebudayaan Nusantara yang adi luhung penuh dengan pitutur atau nasehat tentang kebaikan atau keburukan akan perjalanan hidup.

"Dengan adanya Wayang  On The Street di Semarang sangat bagus dan  bisa dinikmati masyarakat umum serta generasi milenial sehingga bisa mengerti dan mencintai akan Kebudayaan Nusantara," kata Puspita Artha Trisnano pecinta Budaya Nusantara

Puspita bercerita,  judul Kencana Mawa Wisa menceritakan babak saat Shinta tergoda kijang kencana yang cantik dan diculik Rahwana yang jatuh cinta kepada Shinta, diperagakan dengan gerakan yang dinamis ada saatnya gerakan lemah lembut ada kalanya harus keras dan cepat tapi tidak meninggalkan kelembutannya

"Cerita ini sangat menarik karena Rahwana adalah pria yang setia. Dalam setiap kelahiran dia selalu mencari titisan/reinkarnasi dewi setyowati wanita yg dia cintai. Dan kali ini menitis pada tubuh Shinta.," tuturnya.

"Semoga generasi muda semakin mengetahui kebudayaan sendiri dan mengerti akan cerita wayang yang ada di Nusantara," tambahnya.

Selain itu Puspita menekankan harapannya semakin banyak yang mengetahui budaya asli Nusantara dan memahami kisah epic dari cerita-cerita kuno pewayangan yang penuh makna dan pembelajaran khususnya generasi muda.(msa)

0 komentar:

Posting Komentar