PT Indonesia Power PLTU Jeranjang, Meriahkan HUT RI bersama Stakeholder Kunci di Pantai Pandanan


Lombok Utara,JournalNTB.Com.
Momentum Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke 77 tahun ini terasa spesial bagi masyarakat yang ada di daerah Pantai Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Pasalnya mereka bisa merayakan kegiatan 17 Agustusan, bersama dengan banyak instansi penting. Turut hadir pula Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto, Danlanal Mataram Kol Laut Whimbo, jajaran pejabat utama Polda NTB, Pejabat Lanal Mataram, Basarnas Prov NTB, Pemprov dan Pemkab KLU, jajaran pejabat dan ASN Dinas Kelautan dan Perikanan Prov NTB, serta komunitas penyelam di NTB. Yang lebih istimewa lagi, selain dilakukan pengibaran Bendera Merah-Putih di bawah laut oleh jajaran TNI, Polri, dan kelompok masyarakat. Warga setempat juga diberikan bantuan oleh PT Indonesia Power (PT IP) PLTU Jeranjang OMU.

Bantuan yang merupakan program unggulan dari CSR PT IP itu sebagai kelanjutan intervensi yang sudah dilakukan pihak PT IP kepada warga sekitar. Dan sebagai bukti nyata komitmen pihak perusahaan yang mendapatkan penghargaan PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) itu, dalam ikut berkontribusi terhadap pemeliharaan dan pelestarian lingkungan sekitar. 
Penyerahan bantuan yang digelar Selasa (16/8) kemarin, diawali dengan Pelepasan 178 Tukik di Pantai Pandanan, dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Indonesia di dasar laut di Pantai Pandanan. Kapolda NTB langsung memimpin apel pengibaran bendera yang dilakukan oleh gabungan tim Polda NTB, TNI AL, Basarnas NTB, dan kelompok selam dari berbagai komunitas selam di NTB. Usai upacara, dilakukan penyerahan bantuan kepada masyarakat melalui Pokmaswas Pandanan. Barulah tim penyelam melakukan aksi pengibaran bendera merah putih di bawah laut. 

Ketua Pokmaswas Pandanan Desa Malaka H Muhammad Syukur mengatakan banyak intervensi program dari PT Indonesia Power untuk Pokmaswas setempat. Termasuk pada HUT RI ke 77 kali ini, dilakukan kegiatan pengibaran bendera di bawah laut bersama pihak terkait. Perbaikan Musholla "Biru" sebagai Balai Pertemuan Pokmaswas Pandanan, dan kegiatan transplantasi terumbu karang. "Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan itu, sangat membantu warga. Baik dari sisi menyelam dan perekonomian Warga," kata dia. Warga yang diberikan bantuan ini, sebelumnya sudah dilatih dan diberikan serifikat selam. Bahkan kata dia, dengan adanya program serifikat dari PT IP itu, warga juga mendapat bantuan berupa alat selam dari KKP. Tidak itu saja, dengan serifikat itu ia bisa mengajarkan kepada warga yang lainnya. 

Tiada ucapan lain yang bisa kami ucapkan, kecuali terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT Indonesia Power. Khususnya Pokmaswas dan masyarakat nelayan disini sangat terbantu dengan bantuan ini," kata dia. Program lainnya, berupa transplantasi karang. Dimana pihak PT IP sudah menurunkan banyak media. Diantaranya miniatur PLTU Jeranjang. Dan lebih banyak lagi media transparansi terumbu karang yang sudah ditanam di laut setempat. 

Sementara itu, Manager Unit PLTU Jeranjang Indarto Joko Prakoso mengatakan program bantuan yang diserahkan pada Pokmaswas Pandanan merupakan kelanjutan dari program kegiatan sebelumnya. Sekitar dua bulan lalu, Dewan Proper turun ke kawasan itu. Dimana pihak PT IP mendapatkan masukan dan melihat secara langsung di lapangan, adanya kebutuhan untuk perbaikan Musholla. Dan kebutuhan mesin kompresor untuk mengisi tabung oksigen alat selam. "Harapannya dengan bantuan ini, bisa membantu masyarakat yang suka menyelam dan lebih penting lagi membantu dari sisi perekonomian. Dan momennya pas juga kita sama-sama berbahagia (memperingati HUT kemerdekaan RI ke 77)" kata dia. 

Dengan bantuan itu, diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu perekonomian warga. Sehingga roda ekonomi masyarakat di daerah itu bisa berputar. Program ini lanjut dia, juga sebagai bukti nyata komitmen pihak PT IP dalam ikut berkontribusi memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar. Program yang digelontorkan ini salah satu bentuk program unggulan dari CSR yang sudah direncanakan oleh pihak PT IP PLTU Jeranjang. Di tempat yang sama, Kapolda NTB sangat mengapresiasi kegiatan ini. Jenderal Bintang Dua itu juga mengapresiasi program bantuan dari Pemerintah Provinsi dan PT IP yang diberikan kepada masyarakat. Lebih lanjut dikatakan, tema HUT RI ke 77 "Pulih Lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat". Tentu tema ini, harus diimplementasikan dan merefleksikan dalam diri setiap orang. Kegiatan ini harus merefleksikan tema itu, artinya perlu diingat bahwa kemerdekaan itu mahal. Kemerdekaan itu, peristiwa luar biasa bagi pendiri bangsa yang sudah luar biasa pada saat itu mendirikan NKRI.

"Maka giliran Kita yang hadir disini, merawat kemerdekaan itu dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menjadikan hati sanubari kita kuat dan sadar, bahwa kita adalah bangsa Indonesia. Indonesia itu ada bhineka tunggal Ika, itulah kenekaragaman, disitulah sumber kekuatan. Dan harus dirawat," jelas dia. Kali ini, jelas dia dilakukan pengibaran bendera merah putih di dasar laut, dengan jumlah penyelam sebanyak 77 orang. Itu mengartikan bahwa bangsa Indonesia sudah merdeka 77 tahun. Dan ada pelepasan Tukik (anak penyu) sebanyak 178 ekor. Itu simbol menandakan, bahwa 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. "Kami berikan apresiasi kepada tim, semua yang sudah dengan ikhlas melaksanakan kegiatan ini, sekaligus pesan di bawah laut itu sangat indah," ujarnya. Ia juga berpesan agar semua pihak harus bisa bekerjasama, baik pemerintah, NGO, pihak perusahaan-perusahaan dan masyarakat dalam menjaga dan merawat biota laut di kawasan itu.(jntb)

0 komentar:

Posting Komentar