Prodi Sosiologi Unram Menggelar Seminar Nasional 3 Tahun 2022

Prodi Sosiologi Unram Menggelar Seminar Nasional 3 Tahun 2022

Lombok Barat.Journalntb.com- Program Studi Sosiologi Universitas Mataram (UNRAM) melaksanakan SeNSosio / Seminar Nasional Ke 3 Tahun 2022 dengan tema" Dinamika Sosial dan Budaya Masyarakat Pesisir dan Kepulauan" bertempat di Hotel The Jayakarta, Senggigi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat pada Kamis (29/9/2022).

Dalam laporannya ketua panitia SeNSosio/Seminar Nasional Sosiologi Hafizah Awalia S.Pd., M.Sosio mengucapkan terimakasih kepada Gubernur NTB Dr.Zulkieflimanayah dalam hal ini yang diwakili oleh Kepala Dinas Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi NTB Muslim ST,.M.Si, Rektor Universitas Mataram, Prof.Ir.Bambang Hari Kusumo,M.Agr.St., Ph.D, Koordinator Prohram Studi di bawah rektor, Agustin, SE., MBA., DBA, Ketua Program Studi Sosiologi, Ir.H.Rosiady Husaemie Sayuti, M.Sc.Ph.D, Narasumber Prof Emy Susanti.MA., Dr.Sitti Hilyana, M.Si, Oki Rahadianto Sutopo, Ph.D.Muslim, ST.Msi.

"Dalam kegiatan seminar Nasional 3 tahun 2022, Program Studi Sosiologi  Universitas Mataram mengambil tema" Dinamika Sosial dan Budaya Masyarakat Pesisir dan Kepulauan" dan pada seminar ke 3 ini mengusung sub tema yaitu (1). Gender, kelompok rentan dan marjinal (2). Masalah lingkungan dan perubahan iklim (3).Pembangunan dan politik lokal (4).Masyarakat digitan,gaya hidup dan isu pemuda (5). Konflik  dan resolusi konflik (6). Agama, modal sosial  dan kearifan lokal (7). Kemiskinan dan kesenjangan sosial (8). Pendidikan dan pengembangan komunitas," tutur Hafizah Awalia S.pd., M.Sosio.

Tahun ini kami menerima 35 pemakalah yang tersebar dari 17 Universitas dari seluruh Indonesia.Dan merupakan pemakalah yang sangat antusias untuk mengirimkan berbagai ide dan kajian terkini masyarakat pesisir dan kepulauan.

Ia sangat mengapresiasi kepada ke 4 Narasumber, pemakalah, peserta, reviewer, moderator, instansi dan terutama dari berbagai jurnal mitra kami Prodi Sosiologi.Yang pertama jurnal riset sosiologi yang di usung oleh prodi sosiologi sendiri resiprokal, ada jurnal sosial ekonomi dan humaniora yaitu JSEH dan juga religion culture and state (RCS) Universitas Mataram (Unram).

" Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama berbagai pihak baik panitia pengarah, pelaksana karena tanpa semuanya kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik.Kedepannya kami berharap Prodi Sosiologi dapat menjalin kerjasama yang lebih baik lagi dengan berbagai pihak dan semoga masukan dan saran dapat diberikan kepada panitia demi pelaksanaan seminar tahun depan 2023 dapat terlaksana lebih baik lagi, " Tutup Hafizah Awalia S.Pd .M.Sosio Dosen Sosiologi Asal Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi NTB  Muslim, ST., M.Si.mewakili Gubernur NTB Dr.Zulkieflimansyah mengatakan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, maka pemerintah mengatur UU No.1 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

" Sehingga undang-undang nomor 23 tahun 2014 mengatur tentang otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Asas otonomi adalah prinsip dasar penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Otonomi Daerah," terangnya.

Ditempat yang sama ketua Program Studi Sosiologi Universitas Mataram Ir.Rosiady Husaenie Sayuti M.Sc., P.h.D mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim,ST.,M.Si dan kepada Dr.Ir.Sitti Hilyana.M.Si selaku ketua perhimpunan ahli kelautan seluruh Indonesia, juga kepada narasumber yang akan menyampaikan materinya secara online Oky Rahadianto Sutopo.Ph.D dan Prof.Emy Susanti.MA yang akan memperkaya khasanah kita, menambah modal kita yang sudah memutuskan untuk menitikberatkan fokus kajian kita di masalah pesisir dan pulau kecil.

Ia mengatakan bahwa Sosiologi ini memproklamirkan dari fokus kerjanya pesisir dan pulau pulau kecil.

"Segera kita bersama kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pesisir dan pulau pulau kecil," jelasnya.

Ìr.Rosiady menegaskan kita tidak hanya fokus penelitian, tapi yang lebih penting berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.Karena akan menambah khasanah perbendaharaan kita terkait dengan fokus kajian keilmuan Prodi kita.Melalui seminar seperti ini kita bisa mendiskusikan secara lebih luas, dengan pembicara yang lebih banyak dan keilmuan yang lebih beragam sehingga apa yang kita hajatkan secara keilmuan terus bisa mendalami bahkan bisa menggali ide ide baru yang bisa kita lahirkan di masa mendatang.Kerja sama dengan praktisi dan teman teman di Dinas untuk membangun dan mengembangkan teori yang kita miliki kita praktekan dilapangan, kita coba di masyarakat kita menemukan  implementasi teori itu ada variabel yang baru kita sadari ternyata memiliki pertalian dengan variabel yang kita miliki dan sedang kita kaji dan uji.

" Selamat kepada ketua panitia Hafizah Awalia S.pd.M.Sosio dan Muhammad Arwan Rosyadi.MA selaku Sekretaris dan seluruh anggota, Dengan kebersamaan kita semua seminar nasional 3 tahun 2022 program studi sosiologi universitas mataram bisa berjalan dengan lancar dan sukses," harap Ketua Prodi Sosiologi Universitas Mataram.

Selanjutnya Ketua program studi Sosiologi Universitas Mataram  Ir.Rosiady Husaenie Sayuti.M.Sc., Ph.D resmi membuka kegiatan SeNSosio / Seminar Nasional Sosiologi pada pukul 09 40 Wita.(Red) 

0 komentar:

Posting Komentar