Sucofindo Gelar Sosialisasi Tingkatkan Mutu Hasil Perikanan


Sumbawa Barat.journalntb.com- Untuk peningkatan mutu produk hasil perikanan melalui sartifikasi PIRT dan Halal,PT Sucofindo menggelar Sosialisasi tersebut pada selasa (6/9/2022), bertempat di Aula Rumah Makan Kedai Sawah Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Alim Setiawan selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa pada kesempatan ini PT Sucofindo dalam  kegiatan di bidang pengolahan hasil perikanan bekerjasama dengan Bappenas.

" Gili Balu kawasan kami untuk melakukan kegiatan perikanan dan pengembangan produk hasil perikanan ," terangnya.

Ia menjelaskan, yang memanfaatkan sumber daya perikanan adalah masyarakat Kecamatan Poto Tano yang berada di pesisir pantai, para nelayan yang bersentuhan langsung  dengan Gili Balu.

Menurut Alim selain kegiatan diatas, ada juga yang dikerjakan terkait wisata dan pengembangan perikanan untuk dijual secara langsung atau produk perikanan lainnya.

Masih diungkapkan Alim kegiatan PT Sucofindo sudah berjalan sejak awal Tahun 2021, dan akan berakhir di bulan November mendatang.

" Harapan kami dari kegiatan yang sudah dilaksanakan langsung pendampingan, kepada para kelompok dan pelaku perikanan bisa lebih mandiri untuk kelanjutan kegiatan perikanan," Harap Alim.

Sejak hari Senin Tanggal 5 September 2022 dan Selasa 6 September 2022 PT Sucofindo sudah melakukan kegiatan dukungan terhadap kelompok kelompok usaha untuk memperoleh Sartifikat halal dan surat perizinan usaha.

" Agenda hari Rabu (7/9/2022) kami akan memberikan pengetahuan kepada para pelaku usaha, baik hasil produksi perikanan, wisata dan kegiatan perikanan lainnya untuk bisa memasarkan produk produk olahannya," tandas Alim.

Adapun pada hari Senin dan Selasa kegiatan diikuti dari kecamatan Poto Tano, mereka dari  kelompok pengolahan hasil.perikanan dan pemasaran hasil petikanan (POKLASHAR), yang terdiri dari 9 kelompok perikanan dan 1 kelompok pemerhati Gurita yang berasal dari Desa Pesisir yang ada di wilayah Kecamatan Poto Tano.

Alim berharap untuk kelompok pengolahan hasil perikanan bisa melihat potensi yang ada di Gili Balu, bisa mengembangkan usaha mereka,bisa lebih mandiri untuk peningkatan kesejahteraan perekonomian keluarga.

Secara keseluruhan dalam kegiatan ini PT Sucofindo melakukan pendampingan, memberikan bantuan diperalatan, pengolahan dan pengawasan serta pendampingan khusus dibidang perikanan kepada masyarakat nelayan untuk bagaimana cara menangkap ikan, memantau dan ilegal Fishing.

Hampir setahun melaksanakan kegiatan ini, Sucofindo tetap berkordinasi dengan
Masyarakat setempat dan mereka menyambut baik dan  mengapresiasi akan keberadaan Sucofindo tidak hanya di Desa Poto Tano akan tetapi di Desa Kiantar juga.

Dari awal berhubungan dengan masyarakat,Sucofindo kordinasi dengan  Pemda setempat dan melibatkannya dalam kegiatan.

" Hari senin hadir dari Dinas Perikanan dan Dinas Kesehatan, acara saat itu dibuka oleh Team Leader dan Kadis Perikanan, sedangkan pada selasa dihadiri dari Penanaman Modal dan Rumah BUMN," imbunya.

Alim Setiawan menambahkan pada hari Rabu Sucofindo akan melakukan pendampingan bisnis plan dan digital marketing," tukasnya.(Red).

0 komentar:

Posting Komentar