Kapolres Bima Kota Buka Pelatihan Kapasitas Bhabinkamtibmas Bidang Kehumasan


Kota Bima,Journal NTB.com. Mungkin ini inovasi pertama di lingkup Polda NTB, melatih dan mengasah kapasitas dan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam bidang publikasi dan informasi Kehumasan.

Bertempat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Bima Kota, Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, membuka secara resmi Pelatihan Kapasitas Bhabinkamtibmas di bidang Kehumasan.

Pelatihan yang digelar Kamis (3/11) pagi hingga siang itu, dihadiri seluruh Polsek jajaran Polres Bima Kota, Kanit Binmas masing-masing Polsek jajaran dan tentunya wakil Bhabinkamtibmas di setiap Polsek jajaran Polres Bima Kota.

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi dalam sambutannya, menekankan beberapa poin penting pada para Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Polri yang bersentuhan langsung dengan gerak nadi kehidupan masyarakat.

Elektabilitas Polri dimata publik yang terdegradasi diangka 50 persen lebih, dari 87 persen sebelumnya, menjadi catatan penting introspeksi diri dan institusi.

Kepercayaan publik itu, sebagaimana arahan Kapolri, kata AKBP Rohadi, mesti secepatnya ditingkatkan dan diraih kembali oleh Institusi Polri.

Satu dari sekian caranya, personil Polres Bima Kota utamanya para Bhabinkamtibmas terus menyambangi dan dekat dengan masyarakat terutama terkait kehidupan sosial ekonomi masyarakat, guna memastikan harkamtibmas terjaga dengan baik.

Sisi humanis yang ditunjukkan para Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat, kata Kapolres Bima Kota, menjadi kunci meningkatkan kepercayaan publik pada institusi Kepolisian.

"Sisi itulah yang perlu dimaksimalkan dengan cara pelatihan kapasitas dan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam mempublikasikan setiap kegiatan yang dilaporkan itu,"kata Kapolres Bima Kota.

Pelatihan peningkatan Kapasitas diri para Bhabinkamtibmas ini, Seksi Humas Polres Bima Kota, mengahdirkan dua Nara sumber dari kalangan profesi jurnalis. Yakni Aris dan Sofyan Ansari.

Kedua pemateri ini berbagi tugas, membagi pengalaman cara menyampaikan laporan kegiatan yang memenuhi syarat dan unsur publikasi dan cara dokumentasi baik dalam bentuk foto dan video yang tepat bagi para Bhabinkamtibmas.

Dua materi ini, menjadi dasar yang tepat bagi para Bhabinkamtibmas dalam melaporkan dan mempublikasikan kegiatan, selain memenuhi unsur publikasi, lebih dari itu diharapkan para Bhabinkamtibmas profesional dalam melaporkan setiap kegiatan.

Kegiatan pelatihan kapasitas Bhabinkamtibmas di bidang Kehumasan itu, ditutup Waka Polres Bima Kota Kompol Mujahidin.

Pejabat nomor dua di Polres Bima Kota ini pun berharap, wawasan dan pengetahuan yang didapatkan dari para pemateri eksternal ini, betul-betul diperhatikan dan diaplikasikan dalam tugas dan pengabdian ditengah-tengah masyarakat yang jadi binaannya.

"Cara kerja dan cara membuat laporan asal jadi dan sekedar menggugurkan kewajiban, sudah tinggalkan saja. Mari memulai pekerjaan dengan cara yang profesional dan penuh tanggung jawab,"ajaknya.

Kompol Mujahidin juga berharap pada para Bhabinkamtibmas sebagai wakil dari masing-masing Polsek, bisa meneruskan bekal informasi dan ilmu yang didapat pada rekan Bhabinkamtibmas lainnya.

"Bila perlu sepulang dari sini, masing-masing Polsek bisa melaksanakan pelatihan yang sama. Tujuannya seluruh personil Polsek memiliki kemampuan yang sama dalam mempublikasikan kegiatannya,"tutup Waka Polres Bima Kota.
Demikian Rilis Si Humas Polres Bima Kota Untuk Di Publikasikan Oleh Media.(red)


0 komentar:

Posting Komentar