KADES PRAKO BERSAMA PETANI GOTONG ROYONG BERSIHKAN IRIGASI

LOMBOK TENGAH Journal ntb.com Melihat Cuaca yang tidak menentu akhir Tahun ini , sering terjadinya  hujan dan angin kencang mengakibatkan berapa Pohon Tumbang di beberapa Ruas jalan Desa dan persawahan  membuat kepala Desa Prako berpikir untuk melakukan  gotong Royong berasama masyarakat    – Kepala Desa (Kades) Prako , Kecamatan Janapria , Kabupaten Lombok Tengah , H Satar SH.bersama puluhan petani Dan perangkat Desa melaksanakan gotong royong membersihkan saluran irigasi, Selasa  (27/12/2022).

Saluran irigasi yang dibersihkan dalam kegiatan gotong royong kali ini adalah saluran irigasi yang mengairi Persawahan Dan yang menuju pemukiman warga,

Kades Prako  H, Satar mengatakan pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur yang menyebabkan terjadinya pendangkalan saluran.

Selain lumpur, lanjutnya, aliran air menuju kawasan persawahan dan pemukiman di  Dusun Tarekat,  Dusun Sayang Dan dusun Pemantek  ini juga tersumbat akibat kebiasaan buruk sebagian warga yang membuang sampah pada saluran irigasi.

"Pembersihan irigasi ini dilakukan untuk menunjang kelancaran air irigasi di semua wilayah persawahan yang ada di Desa Peako. Dan untuk kebaikan bersama, "kami atas nama pemerintah desa meminta warga agar tidak membuang sampah pada saluran irigasi," kata Kades.

Menurut Kades Prako , kegiatan ini dilakukan secara berkala agar pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar dan hasil panen petani pun dapat maksimal. Dengan demikian, kata dia, ketahanan pangan khususnya di wilayah Desa Prako dapat terwujud dengan sukses.

Dikatakannya, upaya pemerintah desa dalam mengoptimalkan saluran irigasi guna mensukseskan pertanian di Desa Prako  ini tidak akan berjalan dengan baik, jika masyarakat sendiri tidak memiliki kesadaran menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah pada saluran irigasi.

"Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani dan meningkatkan ketersediaan pangan desa," tambahnya.

Ia juga menyampaikan, kerja bakti seperti ini akan mempererat jalinan silaturahmi antar warga. "Dengan kerja bakti, kita akan saling mengenal dan dapat saling bertukar pikiran," ungkapnya.

Selain itu pembersihan juga di lakukan di setiap saluran yang menuju pemukiman warga, ini dilakukan untuk mengantisipasi pemukiman warga tergenang air bila volume atau  intensitas hujan tinggi yang  bisa menyebabkan terjadinya banjir,

Mansyur Selaku BPD Terpilih Desa Prako  mengatakan, Kegitan seperti ini rutin dilakukan Pemdes  di bantu warga dan perangkat Desa , memberikan keasadar kepada warga pentingnya kebersihan  , juga bisa menambahkan ke Akraban pemdes dan waraga itu sendiri kebetukan Kades PJS H,Satar Berasal Dari luar Desa  ,"Bagi saya Kepala Desa Prako sangat memeperhatikan warganya . Beliau tidak segan segan turun dan blusukan ke setiap warga guna memberikan pelayanan dan edukasi ,saya rasa masyarakat di desa Prako puas dengan kinerja dan pelayanan  kepala Desa ,Tuturnya

Beberapa kadus yang di jumpai awak media juga mengatakan Hal yang sama. Rata - rata memberikan apresiasi kepada Pemdes Khususnya kepala desa . Beberapa Tokoh Juga mengiyakan , Kepala Desa patut di berikan jempol katanya, 

0 komentar:

Posting Komentar