Pengaman Peribadatan Umat Kristiani, Satgas Patroli Lakukan Serangkai Kegiatan


Sumbawa Barat -JournalNTB.Com..
 Kepolisian Resort Sumbawa Barat melakukan pengamanan operasi Lilin Rinjani-2022 di wilayah hukum.

Kegiatan itu dilakukan, pada Minggu, 25 Desember 2022 di wilayah Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam operasi Lilin Rinjani 2022 dilaksanakan oleh Satgas Patroli dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan Natal tahun 2022 dan tahun Baru 2023. 

"Pengamanan akan berlangsung dari tanggal 23 Desember 2022 sampai 02 Januari 2023," kata Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, S.I.K., M.IP melalui Kasi humas IPDA Eddy Soebandi, S. Sos kepada media ini.

Ia mengatakan, kegiatan itu dimulai pukul 06.15 Wita di depan Loby Polres Sumbawa Barat telah dilaksanakan apel persiapan Ops Lilin Rinjani 2022 yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sumbawa Barat Kompol Iwan Sugianto, SH. Hadir dalam kesempatan tersebut, Paursubbag Kerma Bag Ops Polres Sumbawa Barat IPTU Ika Hidayati, S.Si, KA SPKT Polres Sumbawa Barat IPDA Saidi, Perwira Polres Sumbawa Barat IPDA Abdul Latief, perwira Polres Sumbawa Barat IPDA Andy Palurung, SH dan anggota yang terlibat sprint Ops Lilin Rinjani 2022 terdiri dari Sat. Brimob, Sat. Intelkam, Sat. Reskrim, Sat. Lantas, Gabungan staf Polres, Sat. Binmas, Sat. Resnarkoba dan Sat. Samapta.

Dia menjelaskan, sebelum pelaksanaan Ops Lilin Rinjani-2022, pada pagi ini kita melaksanakan pengamanan kegiatan peribadatan umat Kristiani dalam rangka perayaan Natal yang akan dilaksanakan di 4 titik wilayah Kecamatan Maluk diantaranya Rumah ibadah Umat Kristiani GPDI Batu Hijau di Desa Benete Kecamatan Maluk, Rumah ibadah Umat Kristiani Stasi Santo Yosef Solata Gedung Serbaguna Graha Nusantara Desa Pasir Putih Kecamatan Maluk, Rumah ibadah Umat Kristiani GMIT Syalom samping Polsek Maluk, Rumah ibadah Umat Kristiani GBI Rock Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk.

"Untuk personil yang membawa Senpi saat pengamanan agar selalu berhati-hati dalam penggunaannya, semua tindakan di lapangan satu komando dari Kabag Ops," jelas Eddy.

Ia menambahkan, personil pengamanan akan dibagi menjadi 4 Regu, untuk Regu 1 dipimpin oleh IPTU Ika Hidayati, S.Si melaksanakan pengamanan di Rumah Ibadah Umat Kristiani GMIT Syalom samping Polsek Maluk, Regu 2 dipimpin oleh IPDA Saidi melaksanakan pengamanan di Rumah Ibadah Umat Kristiani GPDI Batu Hijau Desa Benete, Regu 3 dipimpin oleh IPDA Abdul Latief melaksanakan pengamanan di Rumah ibadah Stasi Santo Yosef Solata Gedung Serbaguna Graha Nusantara Desa Pasir Putih dan Regu 4 dipimpin oleh IPDA Andy Palurung melaksanakan pengamanan di GBI Rock Desa Bukit Damai. "Apabila ada ditemukan orang yang mencurigakan pada saat berlangsungnya kegiatan peribadatan agar ditanyakan terlebih dahulu guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Eddi.

Dia menuturkan, sebelumnya kita telah mendengar supervisi dari Mabes Polri agar pada saat pelaksanaan pengamanan menyikapi situasi secara Overestimate jangan sampai terjadinya gangguan nyata saat kegiatan peribadatan berlangsung, utamakan sikap yang humanis saat pelaksanaan pengamanan. "Pukul 06.45 Wita, Gabungan Satgas Patroli tiba di masing-masing Rumah Ibadah umat Kristiani yang berada Kecamatan Maluk. Personal Sat. Brimob berjumlah 4 orang melakukan sterilisasi di masing-masing rumah ibadah Umat Kristiani yang berada di Kecamatan Maluk," tuturnya.

Kegiatan Peribadatan Natal Umat Kristiani Stasi Santo Yosef Solata di Gedung Serbaguna Graha Nusantara Desa Pasir Putih Kecamatan Maluk dimulai yang dipimpin oleh Romo Ignasius I Gde Adiamaka Susila, PR. Serta dihadiri oleh para Jemaat sekitar 300 orang. Membawa tema pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan Lain. Dengan dilakukan pengamanan oleh gabungan satgas patroli dan personil Pos Pam Maluk berjumlah 10 orang sebagai Padal IPDA Abdul Latief. Kegiatan peribadatan Natal berakhir pukul 10.30 Wita berjalan dengan aman dan lancar.

Peribadatan Natal Umat Kristiani GBI Rock Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk dimulai yang dipimpin oleh Pendeta Agus Marada. Serta dihadiri oleh para Jemaat sekitar 50 orang. Membawa tema Yesus Di Atas Mengubah Jalan Hidup Kita. Dengan dilakukan pengamanan oleh gabungan Satgas Patroli, Personal Pos Pam Maluk dan Babinsa berjumlah 10 orang sebagai Padal IPDA Andy Palurung, SH. Kegiatan peribadatan Natal berakhir pukul 11.20 Wita berjalan dengan aman dan lancar.

Peribadatan Natal Umat Kristiani GPDI Batu Hijau Desa Benete Kecamatan Maluk dimulai yang dipimpin oleh Pendeta Alfred Kerap. Serta dihadiri oleh para Jemaat sekitar 30 orang. Membawa tema Biarkan Cahayamu Bersinar Dalam Kegelapan. Dengan dilakukan pengamanan oleh Gabungan Satgas Patroli dan Personal Pos Pam Maluk berjumlah 10 orang sebagai Padal Ipda Saidi. Kegiatan peribadatan Natal berakhir pukul 11.25 Wita berjalan dengan aman dan lancar.

Peribadatan Natal Umat Kristiani di GMIT Syalom (Samping Polsek Maluk) dimulai yang dipimpin oleh Pendeta Mohede Halundaka, SSI, TEOL. Serta dihadiri oleh para Jemaat sekitar 90 orang. Membawa tema Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain dengan Kelahiran Yesus Kristus Menggerakkan Perubahan Dalam Hidup. Dengan dilakukan pengamanan oleh gabungan Satgas Patroli, Personal Pos Maluk dan Babinsa berjumlah 10 orang sebagai Padal IPTU Ika Hidayati. Kegiatan peribadatan Natal berakhir pukul 11.00 Wita berjalan dengan aman dan lancar.

Waka Polres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin, S.Sos., yang didampingi oleh Kabag Ops Polres Sumbawa Barat Kompol Iwan Sugiyanto, S.H., Kapolsek Maluk Kompol Sidik Pria Mursita, S.H. dan Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat AKP I Made Sugiarta, S.H melakukan pengecekan peribadatan Natal di sejumlah rumah Ibadah Umat Kristiani yang berada di Kecamatan Maluk.

"Seluruh rangkaian pelaksanaan Ops Lilin Rinjani-2022 berakhir pada pukul 12.00 Wita, berjalan dengan aman dan lancar, dengan dilakukan apel konsolidasi di Mapolsek Maluk yang dipimpin oleh Waka polres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin, S.Sos," tutupnya. (***)

0 komentar:

Posting Komentar