Jum'at Curhat Digelar Kapolsek KPL Tano Diatas Kapal

Jum'at Curhat Digelar Kapolsek KPL Tano Diatas Kapal

SUMBAWA BARAT, JournalNTB.com.
Ada sebuah pemandangan menarik tatkala Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Tano, Polres Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)  melaksanakan program 'Jum'at Curhat' Minggu kedua di bulan Januari 2023.

Program Polri bukan saja dilakukan di setiap masjid, musholla dan rumah ibadah lainnya, melainkan diatas kapal penyeberangan sekalipun, bukan halangan bagi anggota kepolisian untuk mendengar keluh kesah masyarakat.

Kegiatan yang jarang dilakukan oleh institusi manapun malah justru diinisiasi Polsek KPL Tano, KSB di salah satu kapal penyeberangan antara Pelabuhan Poto Tano - Kayangan, KMP Surya Kayangan, Jumat (13/1).

Kapolsek KPL Tano, Iptu. Nurlana menggelar dialog Interaktif dengan para ABK dan crew kapal terkait dengan situasi Kamtibmas.

Nurlana berpesan kepada semua pihak agar tetap menjaga kondusifitas khususnya di kawasan Pelabuhan Poto Tano. Walau diakuinya bahwa kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa partisipasi peran serta dan dukungan dari semua pihak baik masyarakat maupun stakeholder pelabuhan termasuk para ABK dan crew kapal.


"Demi menciptakan situasi yang kondusif diperlukan kerjasama dan kemitraan antara polisi dan masyarakat," ujar Nurlana.

Ia juga menegaskan, demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif diperlukan informasi-informasi sekecil apapun terkait potensi dan ancaman gangguan kamtibmas  untuk bersama sama mengantisipasinya.

"Melalui program Jum'at Curhat ini sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Kapolri Kepada Kapolda, Kapolres hingga jajaran Kapolsek seluruh indonesia, termasuk kepolisian sektor Kawasan Pelabuhan Laut Tano,  kami akan terjun langsung mendatangi masyarakat untuk mendengar dan menyerap aspirasi dan informasi sekaligus menyelesaikan permasalahan atau (problem solving) apabila ada persoalan atau permasalahan dimasyarakat termasuk kepada rekan-rekan ABK dan crew kapal," jelas Nurlana.

Hal ini sangat penting tambahnya, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sementara itu, Nahkoda Ferry KMP Surya Kayangan, Kapten Tony mengapresiasi langkah Polsek KPL Tano untuk selalu menggelar kegiatan Jum'at Curhat diatas kapal.

Baginya, program ini dirasakan sangat bermanfaat bagi semua pihak, termasuk crew kapal yang tengah bertugas.

"Kegiatan ini sangat bagus dan langka terjadi. Kegiatan ini pun sekaligus merupakan kesempatan bagi masyarakat apa lagi kami yang keseharian bekerja sebagai pelaut berkesempatan untuk menyampaikan informasi atau permasalahan secara langsung kepada bapak polisi tanpa harus kita pergi ke kantornya," ujar Tony.

Masih kata Tony, kegiatan ini justru pihak kepolisian yang langsung mendatangi  masyarakat. Sepertinya terasa tidak ada jarak antara polisi dengan masyarakat.

"Ini sangat luar bisa. Sebagai pelaut kami para crew kapal tetap tidak terlepas dengan semua pihak di pelabuhan dan tetap berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan termasuk kepolisian," sanjung Tony 

Untuk itu katanya, kehadiran polisi sangat dibutuhkan kehadiran terutama di Pelabuhan guna menjamin rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jasa penyebrangan dan semua aktifitas pelayaran.

Pada kesempatan itu, Kapolsek KPL Tano, Iptu Nurlana menyerahkan cinderamata kepada perwakilan crew kapal.(jntb)

0 komentar:

Posting Komentar